Hadi Ismaya, Punduh Muda yang Senang Blusukan Bersama Warga

Editor :
Punduh muda Sadalewih, Hadi Ismaya beserta istri./visi.news/dok.pribadi

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kiat sukses dan membangun wilayah yang madani serta mengembangkan kesejahtraan masyarakat dalam ekonomi kreatif, adalah prioritas jangka pendek yang harus diselesaikan dengan seksama. Mengingat masyarakat di kepunduhan Sadalewih heterogen.

Demikian yang menjadi “PR” (pekerjaan rumah) dalam program Hadi Ismaya yang menjabat sebagai Punduh Sadalewih, Desa Puteran, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dalam mengemban tugasnya itu Hadi Ismaya yang akrab dipanggil Punduh, harus blusukan dengan warga dan tak mengenal waktu.

“Di saat-saat tertentu saya harus begadang menemani warga yang jaga, ” tutur punduh jebolan SMKN 2 Tasikmalaya jurusan tekhnik mesin ini.

Sejak menjabat sebagai punduh pada Maret 2018 lalu hingga saat ini, ia telah mampu “meramu” warganya ke dunia yang lebih fleksibel, yakni dengan mendirikan Yayasan Sadalewih_Only.

“Pendirian yayasan ini didasari oleh keprihatinan untuk membantu anak yatim dan jompo serta mengarahkan pemuda pemudi ke arah yang lebih bersifat positif,” ungkap punduh muda kelahiran 36 tahun silam yang membuat para gadis ngiler.

Dengan mengadopsi kampung-kampung yang berada di Negeri Jiran Malaysia, dirinya mengembangkan kesejahteraan masyarakatnya dengan membangun ekonomi kreatif yaitu perkampungan durian.

“Jadi, kami di sini berusaha untuk mengubah tatanan kesejahteraan masyarakat dengan menanam pohon durian di area seluas tiga hektare,” tegas punduh yang gemar memperhatikan ‘kukumbul’ di kolam pemancingan ini.

Harapan ke depannya Kampung Sadalewih menjadi sebuah kampung penghasil durian berkualitas.

“Jadi, tiga atau empat tahun ke depan kami akan mengubah wilayah menjadi kampung wisata durian,” tutur pria ramping yang cuek ini.

Di samping itu di Kampung Sadalewih pun lebih mengedepankan gotong royong dengan sesama warga. Mengingat kesejahtraan Kampung Sadalewih belumlah merata.

“Jadi, untuk merekatkan persaudaraan di dua RW dan enam RT kita tingkatkan kekeluargaan dengan saling tolong di antara 450 KK,” pungkasnya bersemangat. @budi s ombik

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prakiraan Cuaca Kota Bandung dan Sekitarnya, Minggu (28 Juni)

Ming Jun 28 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS Prakiraan cuaca hari Minggu, 28 Juni 2020 yang disampaikan BMKG melalui bmkg.go.id untuk wilayah Kota Bandung dan sekitarnya. Bandung Pagi hari: Secara umum cerah berawan Siang hari: Secara umum hujan ringan Malam hari: Secara umum berawan Dini hari: Secara umum berawan Suhu udara : 20 – 32°C Kelembaban […]