Hadir di Sumatra, Kampus UMKM Shopee Targetkan Perluasan Pasar Pelaku UMKM Kota Medan

Editor (Kiri ke kanan) Ketua Dekranasda Kota Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution S.E., M.M., dan Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto saat meresmikan Kampus UMKM Shopee Medan. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

 

  • Menjadi kampus UMKM pertama di Pulau Sumatra dan ke-6 di Indonesia, Shopee melanjutkan komitmen untuk mendorong UMKM lokal kembangkan bisnis di pasar digital modern. 

VISI.NEWS | MEDAN – Shopee dan Pemerintah Kota Medan hari ini meresmikan Kampus UMKM Shopee Medan yang menjadi kampus pertama di Pulau Sumatra dan ke-6 di Indonesia yang memberikan solusi komprehensif dari hulu ke hilir untuk perkembangan UMKM lokal. Menjadi bagian kelanjutan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kampus ini hadir untuk mendorong ekspansi bisnis para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Medan dan sekitarnya. Kampus ini juga diharapkan dapat mempermudah akses peningkatan keterampilan digital UMKM lokal, yang akan membantu mereka memperluas jangkauan pasar ke seluruh Indonesia melalui ekosistem pasar yang modern.

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution turut meresmikan Kampus UMKM Shopee Medan yang dipercaya akan menjadi solusi nyata bagi UMKM di Medan dan sekitarnya. “Saat ini pelaku UMKM di Kota Medan membutuhkan perhatian khusus, tentang bagaimana produk mereka bisa diketahui masyarakat dan konsumen dengan lebih memperhatikan packaging dan promosi, yang selama ini belum pernah dilakukan dan didapatkan ilmunya oleh mereka. Shopee diharapkan dapat menampung dan memberikan edukasi bagi pelaku UMKM yang telah atau akan membuat produk. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Shopee. Mudah-mudahan kegiatan yang kita lakukan diberkahi dan diridai, sehingga kebaikan yang kita lakukan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Medan untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM,” jelas Bobby.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto menegaskan komitmen #ShopeeAdauntukUMKM khususnya di Pulau Sumatra. “Era digital membawa tantangan tersendiri bagi UMKM Indonesia, termasuk di Kota Medan. Oleh karena itu, Kampus UMKM Shopee hadir bertujuan untuk membawa solusi, dengan mendorong para pelaku UMKM di Medan dan sekitarnya, melalui sosialisasi, edukasi, pelatihan, dan pendampingan untuk dapat menghadapi tantangan di era digital saat ini. Secara jangka panjang, dengan kehadiran Kampus UMKM Shopee diharapkan para pelaku UMKM lebih memahami dan merasakan manfaat dari digitalisasi dan akhirnya dapat mengembangkan bisnis mereka secara optimal melalui ekosistem digital bersama kami”.

Baca Juga :  Puluhan Warga Katulampa Kota Bogor Positif Covid-19

Fasilitas dan Layanan di Kampus UMKM Shopee Medan

Christin Djuarto menunjukkan salah satu fasilitas di Kampus UMKM Shopee Medan yakni Pojok Foto yang bisa digunakan UMKM untuk mengambil foto produk secara cuma-cuma Kampus UMKM Shopee Medan yang berlokasi di Jl. Bambu 2 no. 80, Kelurahan Durian, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, memiliki berbagai fasilitas dan layanan untuk pelatihan dan pendampingan para UMKM lokal. Seluruh fasilitas dan layanan tersedia gratis dan dapat digunakan seperti,

Edukasi bagi UMKM: Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, bagaimana cara mengoptimalisasi sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee seperti Shopee Pinjam.

Pendampingan bisnis bagi UMKM: Trainer Shopee disediakan sebagai perpanjangan tangan dari para pelaku UMKM dalam pendampingan bisnis terkait edukasi dan pelatihan mengenai administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis. Para pelaku UMKM akan dibimbing agar secara efektif mengurus pembukuan yang sudah terdigitalisasi di aplikasi Shopee.

Studio Foto dan Live Streaming: Turut menunjang bisnis dari pelaku UMKM, Shopee menghadirkan fasilitas pendukung seperti ruangan training, ruangan rapat, studio foto, ruangan live streaming, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran.

“Harapan kami, semoga Kampus UMKM Shopee Medan ini dapat menjadi one-stop services bagi UMKM yang bersama-sama ingin mengembangkan bisnisnya dari offline ke ekosistem bisnis digital, sehingga dapat memperluas jangkauan bisnisnya ke seluruh Indonesia dan turut mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” tutup Christin.@nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Morgan Oey Ajak Para Sukarelawan Hutan Itu Indonesia Kampanye Jaga Hutan

Kam Mar 17 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Hutan Itu Indonesia bersama Indorelawan kembali menyelenggarakan program kesukarelawanan Sahabat Hutan lewat Kelas Suka Hutan 2022. Program ini diadakan berkala setiap tahunnya sejak tahun 2017 untuk menyebarkan pesan cinta hutan kepada anak muda di berbagai wilayah di Indonesia, mengajak mereka melakukan aksi nyata, dan penguatan […]