Harga Beras Melambung, Pasar-Pasar Kekurangan Stok

Editor Beras. ©2018 Merdeka.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Harga beras di pasar-pasar di Bandung terus melonjak sejak awal tahun 2024. Bahkan, beberapa pasar mengalami kelangkaan stok beras yang membuat pedagang dan pembeli kesulitan.

Salah satu pedagang beras di Pasar Ngamprah, Siti, mengatakan bahwa harga beras kualitas medium yang biasanya dijual Rp 12.000 per kilogram (kg), kini sudah mencapai Rp 15.000 per kg. Sedangkan beras kualitas premium yang sebelumnya Rp 14.000 per kg, kini naik menjadi Rp 18.000 per kg.

“Kalau beras kualitas rendah masih ada, tapi jarang yang mau beli. Harganya juga naik dari Rp 10.000 jadi Rp 12.000 per kg,” kata Siti, Selasa (6/2/2024).

Siti mengaku kesulitan mendapatkan pasokan beras dari distributor, karena mereka juga mengalami kekurangan stok. Ia menduga, hal ini disebabkan oleh gagal panen di beberapa daerah akibat cuaca ekstrem dan kebijakan pembatasan ekspor beras oleh negara-negara produsen. “Katanya sih, beras dari Bulog juga kurang, jadi nggak bisa operasi pasar. Padahal, kalau ada operasi pasar, harga beras bisa turun sedikit,” ujar Siti.

Senada diungkapkan oleh Sigit Subagiyo, ia mengaku sulit mendapatkan beras untuk persediaan di warungnya. “Saya menjual beras Jembar Rp 16.000,- beli dari pasarnya tadinya Rp. 12.000,-. Saya kaget pas mau beli ke pasar harganya sudah ganti jadi Rp 16.000,- per kilogram,” unngkapnya, Selasa.

Dia berharap, pemerintah segera mengambil langkah untuk menstabilkan harga beras dan menjamin ketersediaan stok di pasar-pasar. Ia khawatir, jika kondisi ini berlanjut, akan berdampak pada daya beli masyarakat yang sudah menurun.

“Kami sebagai pedagang juga rugi, karena omzet menurun. Pembeli juga mengeluh, karena harga beras mahal. Semoga pemerintah bisa segera mengatasi masalah ini,” tutur Sigit.

Baca Juga :  Covid-19 Tewaskan 45 Warga Iran Selama 24 Jam Terakhir

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Emma Dety Ajak Masyarakat Lakukan Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Serviks

Sel Feb 6 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KUTAWARINGIN – Bunda Bedas Hj. Emma Dety Dadang Supriatna hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kegiatan skrining kesehatan dan deteksi dini kanker serviks dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia di Aula Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, Senin (5/2/2024). “Hari ini di Kabupaten Bandung, yang dilaksanakan di Aula […]