Hari Ini 193,5 juta pemilih akan Menentukan Pilihan di TPS, Begini Caranya

Editor Ilustrasi Pemilu 2024. /visi news/djkn.kemenkeu.go.id
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Hari ini, Rabu, 14 Februari 2024, hari pemilihan umum (pemilu) di Indonesia. Sebanyak 193,5 juta pemilih akan menentukan pilihan mereka untuk presiden, wakil presiden, anggota DPR, DPD, dan DPRD di 809.500 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk memastikan pemilu berjalan lancar, aman, dan demokratis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemilih saat datang ke TPS. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemilih di TPS, sesuai dengan aturan KPU:

1. Datang ke TPS sesuai dengan nomor TPS yang tertera di formulir C6 yang sudah didistribusikan oleh petugas PPS.
2. Tunjukkan formulir C6 dan KTP elektronik (e-KTP) atau surat keterangan (suket) sebagai identitas diri kepada petugas KPPS di meja penerimaan.
3. Petugas KPPS akan mencocokkan data pemilih dengan daftar pemilih tetap (DPT) dan memberikan tanda tangan atau cap jari pada formulir C6.
4. Petugas KPPS akan memberikan empat lembar surat suara yang berbeda warna kepada pemilih, yaitu surat suara untuk presiden dan wakil presiden (berwarna merah), DPR (berwarna kuning), DPD (berwarna biru), dan DPRD (berwarna hijau).
5. Pemilih menuju bilik suara dan memberikan hak pilihnya dengan mencoblos atau menandai surat suara sesuai dengan pilihan yang diinginkan.
6. Pemilih melipat surat suara dan memasukkannya ke dalam kotak suara yang sesuai dengan warnanya. Pemilih juga harus memperhatikan nomor urut dan lambang partai pada surat suara untuk DPR dan DPRD.
7. Pemilih keluar dari bilik suara dan menunjukkan jari telunjuknya kepada petugas KPPS untuk diberi tinta sebagai tanda telah memberikan suara.
8. Pemilih meninggalkan TPS dan tidak boleh mengambil foto atau merekam proses pemungutan suara.

Baca Juga :  UMRAH: 80 Mahasiswa Jadi Pemandu Umrah di Masjidilharam

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pemilih dapat berpartisipasi dalam pemilu dengan baik dan benar. Pemilu adalah hak dan kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia yang sudah memenuhi syarat. Mari kita gunakan hak pilih kita dengan bijak dan bertanggung jawab.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tiga Paslon Presiden dan Wakil Presiden Hari ini akan Mencoblos di Lokasi Berbeda

Rab Feb 14 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Hari ini, Rabu, 14 Februari 2024, hari pemungutan suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Tiga pasangan calon (Paslon), yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, akan menggunakan hak pilihnya di lokasi yang berbeda-beda. Pasangan nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, […]