Hari ini 78 Tahun Kodam III/Siliwangi, Ini Perjalanan dan Kiprahnya di Jawa Barat

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Hari ini, Kodam III/Siliwangi memasuki usianya yang ke-78, sebuah perjalanan panjang telah dilaluinya untuk menjaga Jawa Barat tetap aman dan stabil sehingga masyarakat di sini bisa berkiprah dan berkarya.

Perjalanan panjang telah dilalui Kodam III/Siliwangi yang dimulai sejak 20 Mei 1946. Berikut sejarah singkatnya.

Diawali dengan Badan Keamanan Rakyat (BKR). Lima hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada 22 Agustus 1945, pemerintah membentuk BKR sebagai wadah perjuangan. Seiring dengan meningkatnya ancaman.

Pada 5 Oktober 1945, BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Jawa Barat membentuk Komandemen-I TKR yang membawahi tiga divisi. Divisi-I meliputi Keresidenan Banten dan Bogor (bermarkas di Serang), Divisi-II meliputi Keresidenan Jakarta dan Cirebon (bermarkas di Linggarjati), dan Divisi-III meliputi Keresidenan Priangan (bermarkas di Bandung). Divisi Siliwangi didirikan pada 20 Mei 1946.

Ketiga divisi tersebut disatukan menjadi “Divisi Siliwangi” dan bermarkas di Tasikmalaya. Nama Siliwangi terus dipertahankan, meskipun nama kesatuan berubah menjadi Tentara & Teritorium (T & T) III Siliwangi pada 24 Juli 1950. Kemudian, menjadi Kodam VI/Siliwangi pada 24 Oktober 1959, dan akhirnya menjadi Kodam III/Siliwangi pada 2 Februari 1985. Momentum pemilihan nama “Siliwangi” pertama kali, 20 Mei, menjadi hari jadi Kodam III/Siliwangi.

Lambang Badge Siliwangi

Logo Siliwangi/Badge Siliwangi yang dipakai oleh setiap prajurit Siliwangi di seragam dinasnya merupakan hasil karya dari pelukis terkenal bernama Barli. Pada saat pecah perang Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945-1950, Panglima Divisi Siliwangi Kolonel Abdul Haris Nasution memerintahkan Mayor Lubis untuk mencari seorang pelukis guna mendesain Logo Siliwangi/Badge Siliwangi. Barli mendapat tugas ini dan menciptakan lambang yang hingga kini menjadi identitas Siliwangi.

Baca Juga :  Makmur di Tahun Naga Kayu, Ayo Rayakan Imlek Bebas Hiu

Semangat “Esa Hilang Dua Terbilang” terus menginspirasi para prajurit Kodam III/Siliwangi dalam menjaga pertahanan wilayah Jawa Barat dan Banten.

Beragam Kegiatan

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78, Kodam III/Siliwangi menggelar serangkaian kegiatan yang penuh makna dan semangat kebersamaan. Bertajuk “Esa Hilang Dua Terbilang” perayaan ini menggambarkan kekompakan dan kekuatan yang terjalin di antara para prajurit serta masyarakat.

Di Kota Cirebon, upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesenden menjadi simbol penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur. Komandan Korem 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Bayu Sudarmanto, memimpin langsung kegiatan ini, yang diikuti oleh peleton-peleton dari berbagai kesatuan, termasuk ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana.

Kegiatan jalan sehat dan senam Bedas di Lapangan Sepakbola Yon Zipur III/Siliwangi juga turut meriahkan peringatan ini, dengan kehadiran Bupati Bandung Dadang Supriatna yang memberikan apresiasi. Di Tasikmalaya, Kodim 0612 mengadakan bakti sosial donor darah, menunjukkan komitmen TNI dalam berkontribusi kepada masyarakat.

Berbagai festival dan lomba Islami juga digelar, mencerminkan identitas kota santri dan semangat keagamaan yang kuat di wilayah tersebut. Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk amal kebaikan yang diharapkan diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Peringatan HUT Kodam III/Siliwangi ke-78 ini tidak hanya menjadi momen untuk mengenang jasa para pahlawan, tetapi juga sebagai kesempatan untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, serta menginspirasi generasi penerus untuk terus berjuang demi kemajuan Indonesia.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HUT ke-78, Yuk Kenali Kode Kehormatan di Lingkungan Kodam III/Siliwangi

Sen Mei 20 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Komando Daerah Militer III/Siliwangi, yang dikenal dengan singkatan Kodam III/SLW, hari ini memasuki ulang tahunnya yang ke-78. Komando kebanggaan rakyat Jawa Barat ini memiliki kode kehormatan yang mendalam dan bersejarah. Kode kehormatan ini mencerminkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh prajurit-prajuritnya, yang dikenal sebagai prajurit Siliwangi. […]