Hari Kesehatan Seksual: ‘Turn On’ di Dunia Digital

Editor Hari kesehatan seksual sedunia diperingati pada 4 September setiap tahunnya. Temanya kali ini adalah 'Turn it on: Sexual health in a digital world.'/istockphoto/via cnn indonesia/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Hari kesehatan seksual sedunia diperingati pada 4 September setiap tahunnya.

Melalui peringatan ini, World Association For Sexual Health mengajak masyarakat lebih terbuka akan pentingnya pembicaraan mengenai seksual di ruang publik. Pasalnya pembicaraan mengenai seksualitas di ruang publik masih dianggap tabu oleh sebagian orang.

Peringatan hari kesehatan seksual sedunia dirayakan di hampir 60 negara di dunia. Setiap tahunnya berbagai tema diangkat sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan ke masyarakat.

Tema yang diangkat pada 2021 ini seperti dilansir CNN Indonesia dari situs resmi World Association for Sexual Health yaitu ‘Turn it on: Sexual health in a digital world’.

Tema ini sengaja diambil sebagai bentuk pesan kepada masyarakat yang telah menggunakan dunia sosial dalam kehidupan sehari-hari mereka bahwa pelanggaran hak-hak seksual yang berkaitan langsung dengan kesehatan seksual juga kerap terjadi di dunia maya.

Badan kesehatan dunia (WHO) seperti dilansir dari Center For Disease Control and Prevention mengatakan kesehatan seksual tak hanya berkaitan dengan fisik tetapi menyangkut emosi, mental, hingga hubungan sosial seseorang.

Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan seksual karena berbagai penyakit bisa timbul jika hal ini tak dijaga secara maksimal.

Pedang Bermata Dua Bernama Teknologi

Di era ini, masyarakat hampir tak bisa lepas dari teknologi. Perkembangan teknologi melaju pesat bahkan seluruh negara di dunia telah menggunakan internet sebagai bagian kehidupan yang tak bisa dilepaskan.

Berbagai hal, termasuk pengetahuan soal kesehatan seksual dan alat reproduksi bisa diakses melalui internet dan teknologi. Tentu ini menjadi hal yang menguntungkan bagi sebagian orang.

Namun, penggunaan internet dan teknologi juga tak melulu baik berkenaan dengan kesehatan seksual. Mengakses informasi berkaitan dengan seksual memang mudah tetapi tak semua orang bisa membedakan mana informasi yang akurat dan dapat diandalkan atau malah menjerumuskan.

Baca Juga :  REFLEKSI | Umat Gatelan

Internet juga tak jarang digunakan sebagai alat transaksi seksual. Kerahasiaan, hingga privasi seseorang bisa bocor kapan saja.

Bahkan tak sedikit pelecehan seksual dan cyber bullying dalam konteks seksual di dunia digital juga kerap terjadi.

Oleh karena itu, perlu membuka mata akan pentingnya pembicaraan berkaitan dengan kesehatan seksual di dunia digital. Hal ini juga sesuai dengan tema yang diangkat dalam peringatan hari kesehatan seksual sedunia.
@fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

SELEB: Tiga Keinginan Raffi Ahmad

Sab Sep 4 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Raffi Ahmad belum lama ini mengutarakan tiga keinginan dalam hidupnya. Dipenuhi harta melimpah, ternyata keinginan Raffi Ahmad cukup sederhana yakni soal keluarga. Harapan Raffi Ahmad itu ia ungkapkan saat ditanya Boy William dalam tayangan YouTube-nya, Jumat (3/9/2021). “Lo ada tiga wish, apa saja?,” tanya Boy William, seperti […]