Hasil Pertandingan dan Rating Pemain: Arsenal vs Liverpool di Community Shield

Editor :
Arsenal vs Liverpool./getty images/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Arsenal berhasil mengalahkan juara Liga Inggris 2019/20, Liverpool melalui drama adu penalti usai di waktu normal menerima hasil imbang dengan skor 1-1.

Kemenangan ini juga merupakan trofi kedua bagi Mikel Arteta setelah memberikan Piala FA untuk Meriam London.

Dimulai babak pertama, Liverpool lebih terlihat mencoba membangun serangan ketimbang dari Arsenal.

Skuat asuhan Jurgen Klopp, memberanikan diri untuk bermain guna bisa menekan sisi pertahanan dari klub asal London Utara tersebut.

Menit-7, Virgil van Dijk sejatinya bisa merobek gawang dari Emiliano Martinez setelah menerima umpan silang dari Andrew Robertson. Akan tetapi, gol pemain asal Belanda itu dianulir wasit usai dianggap sudah offside lebih dahulu kala melihat melalui VAR (video asisten wasit).

Menit-12, David Luiz membuat blunder yang nyaris memberikan hadiah gol untuk The Reds usai Neco Williams memberikan umpan kepada James Milner. Untungnya sundulannya masih jauh mengenai target.

Setelah kesalahan Luiz, The Gunners justru bisa membangun serangan dari Bukayo Saka dan akhirnya berhasil mencetak gol pertama lantaran Pierre-Emerick Aubameyang dapat menggelabui Alisson Becker.

Kebobolan cepat dari Meriam London, Liverpool tidak menyerah begitu saja dan terlihat bersikeras untuk menusuk kotak penalti Arsenal.

Klub asuhan Jurgen Klopp itu, sejatinya berkali-kali bisa membuat peluang. Namun, mereka masih kesulitan menemukan target hingga babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Arsenal 1-0.

Pada babak kedua, The Gunners yang sedang unggul berusaha menambah pundi-pundi golnya. Skuat asuhan Mikel Arteta ini terlihat mencoba mendobrak lini pertahanan The Reds. 

Menit-51, Ainsley Maitland-Niles mencoba tembakan ke gawang dari luar kotak penalti. Nahas, sepakanya tak terarah.

Tidak lama dari peluang itu tepatnya menit-52, Aubameyang yang bermain dari sisi kiri berusaha memberikan umpan kepada Saka walau pada akhirnya masih tidak bisa mendapatkan umpannya.

Menit-56, Sadio Mane mempunyai kesempatan besar untuk mencetak gol kala bisa berhadapan satu lawan satu dengan Martinez. Tetapi, kiper asal Argentina itu lebih sigap dalam menjaga gawangnya.

Belum bisa cetak gol, klub asal London Utara itu coba membuat peluang emas lagi di menit-69 usai Aubameyang memberikan umpan ke Saka, namun belum bisa menambah gol.

Tidak lama dari serangan Arsenal, skuat asuhan Klopp justru membalikkan keadaan menjadi 1-1 ketika Takumi Minamino berhasil mencatatkan namanya ke dalam papan skor.

Bisa menyamakan kedudukan, Liverpool lebih percaya diri untuk bermain menyerang lantaran bisa unggul dalam penguasaan bola.

Walau begitu, peluang dari Salah dan disambar oleh Sadio Mane di menit-81 kembali mampu digagalkan, Martinez.

Arsenal v Liverpool | Pool/Getty Images
Menit-menit akhir pertandingan babak kedua, The Gunners sempat beri tekanan melalui umpan silang dari Joe Willock ke Aubameyang, namun hanya berakhir tendangan ke gawang.

Tidak ada peluang berarti bagi dua tim, membuat pertandingan akan ditentukan melalui drama adu penalti.

Pada drama adu penalti, Arsenal berhasil menang lantaran lima penendangnya (Nelson, Maitland-Niles, Cedric dan Aubameyang) berhasil merobek gawang, Alisson Becker.

Sedangkan keempat gol dari Liverpool dibuat oleh Salah, Fabinho, Minamino dan Curtis Jones. Pemain yang gagal mengeksekusi adalah Rhian Brewster.

Arsenal asuhan Mikel Arteta, boleh saja kalah penguasaan bola dari lawannya Liverpool. Namun begitu, mereka bisa memanfaatkan sedikit peluang dengan baik seperti gol yang dilesatkan Pierre-Emerick Aubameyang.

Selain itu, The Gunners juga secara baik bisa membungkam sisi penyerangan Liverpool hingga membuatnya frustasi.

Rating Pemain Arsenal:

Arsenal (3-4-3): Emiliano Martinez 7; Rob Holding 6,5, David Luiz6,5 , Kieran Tierney 6,8; Hector Bellerin 6,7, Mohamed Elneny 6, Granit Xhaka 6, Ainsley Maitland-Niles 7,2; Bukayo Saka 7, Eddie Nketiah 6,5, Pierre-Emerick Aubameyang 7,2 , Cedric Soares 6, Joe Willock 6, Reiss Nelson 6, Sead Kolasinac 6.

Hilangnya Ritme Permainan dari Gelandang Liverpool

Absennya Jordan Henderson, benar-benar menjadi petaka bagi Liverpool lantaran sisi tengahnya justru terlihat kesulitan mencari ritme untuk membangun serangan sampai menjaga tempo permainan.

The Reds di laga ini sampai terlihat kesulitan mencari tendangan gawang terarah walau pada akhirnya bisa dilakukannya saat Takumi Minamino mencetak satu gol.

Rating Pemain Liverpool:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker 6; Andrew Robertson 6, Virgil van Dijk 6, Joe Gomez 6, Neco Williams 5,9, Georginio Wijnaldum 5, Fabinho 6, James Milner 5,6, Sadio Mane 6, Roberto Firmino 5,9, Mohamed Salah 5,6, Takumi Minamino 6,5, Naby Keita 6, Curtis Jones 6

Pemain Terbaik: Pierre-Emerick Aubameyang

Kapten sekaligus penyerang andalan milik Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang terus tunjukkan tajinya usai mencetak satu gol dan penentu kemenangan The Gunners lantaran menjadi penendang terakhir penalti. @fen/90min

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

RCTI+ Hadirkan Games Menarik yang Bisa Dimainkan Langsung Melalui Gadget

Ming Agu 30 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sebagai salah satu media terbesar di Indonesia, MNC Group menghadirkan fitur entertainment baru yang dirilis pada 25 Agustus 2020. Fitur baru ini bisa diakses pada layanan RCTI+ melalui web ataupun aplikasi. Chief Creative Production Officer MNC Animation, Sei Young Cheong mengatakan, fitur baru tersebut berupa aneka games […]