Hasil Survei LSP, Elektabilitas Prabowo Melejit Jauh Diatas Ganjar dan Anies

Editor Presiden Jokowi terlihat akrab dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menahan Prabowo Subianto saat meninjau panen raya di Kebumen. /visi.news/net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Elektabilitas Prabowo Subianto terkerek naik di posisi paling atas dibanding Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Hal itu terlihat dari hasil survei terbaru yang dirilis Lingkaran Suara Publik (LSP).

Dalam survei terbaru LSP, dikutip dari suara.com, Prabowo memperoleh elektabilitas 33,4 persen apabila Pilpres dilaksanakan saat ini. Sementara Ganjar dan Anies masing-masing memperoleh 21,2 dan 20,4.

Dalam keterangannya, Direktur Eksekutif LSP Indra Nuryadin mengatakan, sejumlah faktor penyebab elektabilitas Prabowo bertengger di paling atas. Mulai dari kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan hingga anggapan adanya sinyal dukungan dari Presiden Jokowi untuk pencapresan Prabowo.

“Tak dipungkiri Jokowi pun sering tampil memberi penghargaan kepada Prabowo dengan hadir pada beberapa acara Kemhan, kedua endorsement Jokowi terhadap Prabowo semakin intens,” kata Indra dalam keterangannya dikutip Senin (20/3/2023).

Indra menyoroti kebersamaan Jokowi dan Prabowo di Kebumen. Di mana dalam kesempatan itu, Ganjar selaku Gubernur Jawa Tengah juga hadir.

Menurut Indra, kebersamaan Jokowi dengan Prabowo dan ganjar telah menimbulkan banyak spekulasi Pilpres yang mengarah kepada Jokowi menduking Prabowo-Ganjar sebagai duet pasangan Capres-Cawapres.

Faktor ketiga pendorong elektabilitas Prabowo, yakni berkaitan dengan Musra Relawan Projo di berbagai Provinsi.

Musra itu memunculkan mama Prabowo sebagai capres pilihan utama. Hal ini yang kemudian menimbulkan faktor keempat sebagai pendorong, yaitu bergesernya dukungan organ relawan Jokowi dari sebelumnya mendukung Ganjar kini beralih ke Prabowo.

“Dan terakhir semakin intensnya Prabowo menyapa tokoh-tokoh berpengaruh dan menyapa rakyat dibasis-basis pemilihnya dulu semakin menaikkan keyakinan dan kepercayaan pilihan terhadap Prabowo,” kata Indra.

Adapun periode survei dilakukan pada 1-10 Marer 2023. Margin of error dan tingkat kepercayaan +- 2,8 persen dan 95 persen.

Baca Juga :  Ceppy Nasahi Ma'soem: Isra Mi’raj Ingatkan Kita agar Salat Tepat Waktu

Sementara itu, pengumpulan data wawancara langsung dengan bantuan kuisioner kepada mereka yang telah berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah dengan total sampel sebanyak 1.230 yang tersebar di 34 provinsi.

Berikut elektabilitas sejumlah Capres potensial apabila Pilpres dilaksanakan saat ini:

  1. Prabowo Subianto 33,4
  2. Ganjar Pranowo 21,2
  3. Anies Baswedan 20,4
  4. Ridwan Kamil 8,8
  5. Agus Harimurti Yudhoyono 6
  6. Khofifah Indar Parawansa 1,8
  7. Sandiaga Uno 1,4
  8. Erick Thohir 1,4
  9. Puan Maharani 1,3
  10. Muhaimin Iskandar 1,1
  11. Airlangga Hartarto 1
  12. Mahfud MD 0,5
  13. Andika Perkasa 0,3
  14. Ahmad Heryawan 0,2
  15. La Nyalla Mattalitti 0,1
  16. Belum menentukan pilihan 1,1

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Saan Mustopa: Soliditas Kader NasDem Jabar Makin Luar Biasa

Sen Mar 20 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Jawa Barat (Jabar) konsisten mempersiapkan para kadernya untuk sukses di Pemilu 2024 mendatang melalui Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilu 2024 di Hotel Papandayan, Kota Bandung, baru-baru ini. Dalam sambutan pembukanya Ketua DPW NasDem Jabar, Saan Mustopa mengatakan, saat ini […]