Haul Ke-14, Ini 4 Warisan Gus Dur Soal Etika Demokrasi untuk Anak Muda

Editor KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. /nu online
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Filsuf dari Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Karlina Rohima Supelli menyampaikan pesan dari KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur terkait etika demokrasi untuk anak muda.

“Pesan Gus Dur kepada anak muda jangan hanya gara-gara muak terhadap praktik politik yang penuh dusta dan pengingkaran demokrasi, kita bersikap acuh tak acuh. Kepada kaum muda yang tidak kenal Gus Dur, tidak pernah bersentuhan dengan Gus Dur, bukan berarti tidak bisa belajar,” ujar Karlina dalam gelaran Haul Ke-14 Gus Dur, di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12/2023) malam.

Karlina menegaskan bahwa anak muda perlu memahami dan mengadopsi empat hal penting yang diwariskan oleh Gus Dur. Pertama, anak muda perlu meyakini kebenaran sebagai titik tolak sikap mereka.

Gus Dur menekankan pentingnya kepekaan anak muda terhadap realitas di sekitarnya dan kemampuan untuk membedakan antara yang benar yang seharusnya dipertahankan, baik dalam bentuk keyakinan ideologi maupun agama.

Kedua, anak muda perlu mempertimbangkan segala kemungkinan sebelum membuat keputusan. Gus Dur mengajarkan bahwa pertimbangan yang matang terhadap konsekuensi tindakan dan pilihan-pilihan adalah esensial dalam membangun demokrasi yang berkualitas.

Ketiga, kehalusan budi dan rasa menjadi penentu apakah keyakinan yang benar dan pengetahuan yang dimiliki mampu memberikan dampak positif pada kehidupan.

Gus Dur menekankan pentingnya memahami bahwa pengetahuan juga bisa menimbulkan risiko. Karena itu, diperlukan kehalusan budi dan rasa dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut.

Keempat, solidaritas sosial menjadi fondasi demokrasi. Gus Dur meyakini bahwa melalui solidaritas sosial, manusia dapat saling tolong-menolong, mencegah konflik, dan membangun masyarakat yang saling mendukung.

Meskipun etika berdemokrasi kompleks, tetapi Gus Dur mengajarkan bahwa itu harus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. “Gus Dur telah mewariskan empat hal yang penting untuk membangun demokrasi, budaya untuk sangat hati-hati ketika anak muda membuat putusan dan pilihan-pilihan. Empat unsur ini diharapkan menjadi pegangan kaum muda untuk menempa diri dan sikapnya dalam berbagai keadaan,” tandasnya.

Baca Juga :  Awalnya Banyak yang Sangsi, Pogram Guru Ngaji Kembali Dapat Apresiasi

@mpa/nu.or.id

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Sebagian Wilayah Jawa Barat

Sen Des 18 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal di sebagian daerah di Jawa Barat pada hari ini, Senin (18/12/2023). Forecaster Stasiun Koordinator NDF dan MEWS Provinsi Jawa Barat, […]