HIKMAH: Amalan yang Dapat Menggugurkan Dosa Seperti Daun Berguguran

Editor Ilustrasi muazin ketika mengumandangkan seruan azan./via sindonews/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Dari banyak amalan yang disyariatkan oleh Allah Ta’ala, ada satu amalan yang fadillahnya (keutamaannya) luar biasa. Kaum muslim tampaknya sudah tidak asing dengan ibadah yang satu ini, tetapi tak sedikit yang meremehkannya.

Inilah amalan yang menggugurkan dosa-dosa. Rasulullah صلى الله عليه وسلم langsung mengabarkannya lewat sabdanya. Siapa yang melaksanakan ibadah ini niscaya dosa-dosanya akan berguguran. Amalan apakah itu?

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah keluar dari rumahnya ketika musim dingin dan daun-daun berguguran. Beliau mengambil setangkai ranting pohon, sehingga daun-daunnya mulai berguguran. Beliau bersabda:

“Wahai Abu Dzar!” Abu Dzar menyahut, “Labbaik ya Rasulullah!” Sabda beliau: “Sesungguhnya seorang muslim yang menunaikan salatnya semata-mata karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran darinya sebagaimana daun-daun ini gugur dari rantingnya.” (Ahmad-At-Targhib)

Ustaz Budi Ashari dalam kajiannya menjelaskan, pada musim dingin, biasanya daun-daun berguguran dari pohonnya sehingga ada sebagian pohon yang daunnya tidak tersisa sedikit pun. Itulah perumpamaan hasil salat yang dilakukan dengan ikhlas, yakni segala dosa akan diampuni tanpa satu dosa pun yang tertinggal.

Menurut sebagian ulama, dosa-dosa kecil dapat diampuni melalui salat.Sedangkan dosa-dosa besar akan diampuni dengan taubat nashuha. Semoga Allah dengan kemurahan-Nya mengampuni dosa-dosa kita yang kecil maupun yang besar.

Itulah dahsyatnya fadillah salat, perkara yang sebagian orang mungkin meremehkannya, namun terdapat keutamaan besar bagi yang ikhlas menjalankannya. Salat yang diridai Allah di sini adalah salat di awal waktu yang dilakukan secara berjamaah.

Keutamaan Salat Berjemaah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

“Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan salat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga :  Seluncuran KenPark Surabaya Ambrol, Polisi Periksa 5 Orang Saksi

Fadillah lain salat berjemaah 5 waktu sebagaimana riwayat dari Anas bin Malik, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: “Siapa yang melaksanakan salat karena Allah Ta’ala selama 40 hari berjemaah, tidak ketinggalan takbiratul ihram. Maka dituliskan baginya dijauhkan dari dua perkara, yaitu dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan.” (HR At-Tirmidzi)

Dalam hadis riwayat Abu ad-Darda disebutkan: “Ada tiga orang yang berada di suatu kampung atau perkampungan badui, tidak dilaksanakan salat berjamaah, maka sungguh setan telah menguasai mereka. Maka laksanakan salat berjemaah karena sesungguhnya srigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jemaah.” (HR. Abu Daud)

Masih banyak keutamaan lain dari ibadah salat. Bahkan laki-laki yang hatinya terpaut ke masjid (rajin salat berjemaah) digolongkan sebagai orang yang dinaungi Allah pada hari kiamat.

Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu mendirikan salat berjemaah. @fen/sumber: sindonews

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Dosen FP UNS Iseng Jadi Petani Tanam Cabai di Masa Pandemi

Rab Apr 7 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pandemi Covid 19 yang berkepanjangan sampai saat ini, telah mengubah segalanya termasuk dosen Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP-UNS), Dr. Edi Triharyanto. Pakar tanaman hortikultura yang sampai saat ini masih termasuk dalam tim penilai benih tanaman hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan) tersebut, memanfaatkan waktu luang kegiatan kampus untuk […]