HIKMAH: Arti Berkah atau Barakah

Editor Berkah kehidupan./foto: freepik/via okezone.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Berkah atau barakah sering diucapkan dalam pergaulan sehari-hari. Namun, apa sebenarnya arti istilah tersebut sehingga bukan saja dapat menyebutkan, namun mengerti artinya.

Adapun makna barakah dalam Al Quran dan As Sunnah adalah langgengnya kebaikan, kadang pula bermakna bertambahnya kebaikan dan bahkan bisa bermakna kedua-duanya.

“Sebagaimana doa keberkahan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sering kita baca saat tasyahud mengandung dua makna di atas,” ujar Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal, dilansir okezone.com.  

Melansir laman Rumysho Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Maksud dari ucapan doa “keberkahan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad karena engkau telah memberi keberkahan kepada keluarga Ibrahim, doa keberkahan ini mengandung arti pemberian kebaikan karena apa yang telah diberi pada keluarga Ibrahim. Maksud keberkahan tersebut adalah langgengnya kebaikan dan berlipat-lipatnya atau bertambahnya kebaikan. Inilah hakikat barakah”.

Sementara dalam bahasa Arab, barakah bermakna tetapnya sesuatu, dan bisa juga bermakna bertambah atau berkembangnya sesuatu. Tabriik adalah mendoakan seseorang agar mendapatkan keberkahan. Sedangkan tabarruk adalah istilah untuk meraup berkah atau “ngalap berkah”.

Barakah atau berkah selalu diinginkan oleh setiap orang. Namun sebagian kalangan salah kaprah dalam memahami makna berkah sehingga hal-hal keliru pun dilakukan untuk meraihnya.

“Coba kita saksikan bagaimana sebagian orang ngalap berkah dari kotoran sapi. Ini suatu yang tidak logis, namun nyata terjadi. Inilah barangkali karena salah paham dalam memahami makna keberkahan dan cara meraihnya. Sudah sepatutnya kita bisa mendalami hal ini,” ujarnya. @fen

Baca Juga :  Lebih dari 259.000 Peziarah Mengunjungi Madinah setelah Haji

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemerintah Saudi Hargai Putusan Pembatalan Haji Indonesia

Rab Jun 9 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al- Thaqafi bersilaturahmi ke Kantor  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Selasa (8/6/2021). Ada empat hal yang disampaikan Essam, termasuk terkait dengan masalah haji tahun 2021. Sekjen MUI KH Amirsyah Tambunan mengatakan, seperti dilansir Ihram.co.id, banyak kesepahaman apa yang disampaikan […]