HIKMAH: Bersegera Lakukan Amal Kebajikan

Editor Ilustrasi./via republika.co.id
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Hidup di zaman teknologi, terkadang membuat orang suka menunda-nunda amal yang bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Padahal, menurut para ulama, menunda amal ini termasuk sikap bodoh. Seperti yang disampaikan Ibnu Athaillah As Sakandari dalam kitabnya yang berjudul Al- Hikam, dia berkata:

ﺇﺣﺎﻟﺘﻚ ﺍﻻﻋﻤﺎﻝ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻮﺩ ﺍﻟﻔﺮﺍﻍ ﻣﻦ ﺭﻋﻮﻧﺎﺕ ﺍﻟﻨﻔﺲ

“Menunda amal karena menunggu waktu yang luang termasuk tanda kebodohan.”

Dalam syarahnya di kitab Al-Hikam terbitan TuRos, Syekh Abdullah Asy Syarqawi menjelaskan bahwa jika seorang murid menunda-nunda amal yang bisa mendekatkannya kepada Tuhannya karena merasa tidak memiliki waktu luang di sela-sela kesibukan dunianya, tindakan itu merupakan tanda kebodohan jiwanya.

Menurut dia, Ibnu Athaillah menyebutnya bodoh karena dia telah menunda amalnya dengan menunggu waktu luang. Padahal, bisa jadi, alih-alih mendapatkan waktu luang untuk beramal ibadah, justru ajal yang menjemputnya tiba-tiba.

“Bisa jadi juga, justru kesibukannya semakin bertambah karena kesibukan dunia pasti akan terus bertumpuk sebab satu sama lain saling berkaitan,” jelas Syekh Abdullah.

Bahkan, lanjutnya, andai kata orang itu mendapatkan waktu luang, tentu tekad dan niatnya pun sudah melemah. Oleh karena itu, menurut Syekh Abdullah, sepatutnya orang iru segera bangkit melakukan amal-amal yang mendekatkan dirinya kepada Tuhannya sebelum terlambat.

Syekh Abdullah kemudian mengutip perkataan pepatah, “Waktu ibarat pedang. Jika kau tidak bisa menggunakannya, niscaya dia akan menebasmu.” @fen/sumber: republika.co.id

Baca Juga :  Dihadiri H Cuncun dan HM Dadang Supriatna, Colour Run Soljer Dipadati Ribuan Pengunjung

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

"Childfree" dalam Pandangan Hukum Islam (1)

Rab Agu 25 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Beberapa hari belakangan ini, kolom komentar dan direct message media sosial dipenuhi pertanyaan tentang hukum childfree dalam Islam. Hal ini karena ada salah satu Selebgram atau Youtuber yang mengumumkan untuk melakukan childfree dengan pasangannya, bahkan saking hebohnya sampai viral di Twitter dan media sosial lainnya. Childfree adalah […]