HIKMAH | Kisah Darsun: Sabar Menghadapi Istri yang Cerewet

Editor Ilustrasi. /ibecom.org
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Dalam kitab Uqûdul Lujjain karya Syekh Nawawi al-Bantani, terdapat sebuah kisah yang mengisahkan tentang seorang suami yang sangat sabar menghadapi istrinya yang cerewet dan suka mencela. Suami itu bernama Darsun, dan ia memiliki seorang saudara yang juga saleh bernama Dullah.

Dullah sering mengunjungi Darsun setiap tahun untuk bersilaturahmi. Suatu ketika, ia hampir tidak bisa bertemu dengan Darsun karena istrinya yang tidak ramah. Ketika Dullah mengetuk pintu rumah Darsun, ia mendengar suara istrinya yang berkata, “Siapa?” Dullah menjawab, “Saya saudara suamimu, datang untuk mengunjunginya.” Namun, istrinya malah berkata, “Suamiku sedang mencari kayu. Semoga ia tidak dikembalikan Allah ke rumah ini lagi.” Ia pun terus menghujat suaminya dengan kata-kata kasar.

Dullah merasa heran dan sedih mendengar ucapan istrinya. Ia pun menunggu di depan pintu sampai Darsun datang. Betapa kagetnya Dullah ketika melihat Darsun membawa kayu di atas punggung seekor singa. Darsun tampak tenang dan santun. Ia berkata kepada istrinya, “Kembalilah ke dalam. Semoga Allah memberkatimu.” Lalu ia mengajak Dullah masuk ke rumahnya.

Darsun menyambut Dullah dengan senyum dan salam. Ia pun menghidangkan makanan untuk Dullah. Mereka pun berbincang-bincang dengan akrab dan hangat. Dullah merasa kagum dengan kesabaran Darsun yang tidak marah atau membalas istrinya. Ia pun berpamitan dengan Darsun setelah selesai makan.

Tahun berikutnya, Dullah datang lagi ke rumah Darsun. Kali ini, ia disambut dengan baik oleh istri Darsun. Istri Darsun menyapa Dullah dengan ucapan “Selamat datang” dan memuji-muji Darsun. Ia mengatakan bahwa Darsun adalah suami yang baik dan saleh. Dullah merasa bingung dengan perubahan sikap istrinya.

Baca Juga :  TELAAH: Tafsir Surat Al-Anbiya Ayat 107: Iklim Pluralitas dan Misi Nabi Muhammad Saw (1)

Tak lama kemudian, Darsun pulang dengan membawa kayu di pundaknya. Ia tidak lagi ditemani oleh singa. Ia terlihat lebih tua dan lemah. Namun, ia tetap bersikap ramah dan sopan kepada Dullah. Ia pun mengajak Dullah masuk ke rumahnya.

Dullah tidak tahan untuk bertanya kepada Darsun. Ia ingin tahu mengapa istrinya berubah menjadi lebih baik. Ia juga ingin tahu apa yang terjadi dengan singa yang dulu membantu Darsun. Darsun pun menjelaskan kepada Dullah.

“Saudaraku, istriku yang dulu itu telah meninggal dunia. Aku selalu bersabar atas keburukannya, dan Allah memberiku karunia untuk bisa menguasai singa. Singa itu membantuku mengangkut kayu. Lalu aku menikah lagi dengan istriku yang sekarang. Ia adalah perempuan yang salehah dan sholehah. Aku sangat bahagia bersama dengannya. Allah pun mengambil singa itu dariku, dan aku harus memikul kayu sendiri. Tapi aku tidak mengeluh, karena aku bersyukur atas nikmat Allah.”

Dullah terharu mendengar cerita Darsun. Ia pun memahami hikmah yang terkandung di dalamnya. Syekh Nawawi al-Bantani mengajarkan kita bahwa sabar adalah kunci untuk menghadapi masalah dalam rumah tangga. Sabar bukan berarti lemah atau kalah, tapi berarti kuat dan mulia. Sabar juga bisa menjadi modal untuk memperbaiki keadaan.

Syekh Nawawi juga mengingatkan kita bahwa sabar akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah. Ia mengutip hadits Rasulullah yang bersabda:

> مَنْ صَبَرَ عَلىَ سُوْءِ خُلُقِ زَوْجَتِهِ أَعْطَاهُ اللهُ تَعَالَى مِثْلَ مَا أَعْطَى أَيُّوْبَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ مِنَ الأَجْرِ وَالثَوَابِ

“Siapa yang bersabar atas perangai buruk istrinya maka Allah memberinya ganjaran yang setimpal dengan anugerah yang diberikan kepada Nabi Ayub ‘alaihis salam.”

Hal ini juga berlaku sebaliknya, yaitu ketika istri harus bersabar menghadapi suami yang tidak baik. Kesabaran adalah pilihan terbaik, karena Allah akan memberi ganjaran yang besar kepada orang-orang yang sabar.

Baca Juga :  Persib Bandung Tunggu Regulasi PPKM untuk Gelar Latihan Bersama

@mp alam

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Momen Lucu Prabowo Bermain Air dengan Anak-anak Usai Resmikan Sumber Air Bersih di Sukabumi

Ming Des 31 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SUKABUMI – Momen lucu terjadi di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/12/2023), saat Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto bermain air dengan anak-anak. Momen menarik itu terjadi setelah Prabowo meresmikan lima titik sumber air bersih di Jawa Barat. Prabowo tampak riang dan ceria […]