Himpuh Minta Pemerintah Siapkan Vaksin untuk Calon Haji

Editor :
Ilustrasi vaksin Covid-19 /antara/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ketua Umum Perhimpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), Baluki Ahmad meminta pemerintah untuk menyiapkan vaksin Covid-19 bagi para calon jemaah haji.

Permintaan itu disampaikan menyusul adanya persyaratan vaksin Covid-19 bagi calon jemaah haji dari pemerintah Arab Saudi.

“Saya kira kebijakan yang diterapkan pemerintah Arab Saudi baik-baik saja dan pemerintah kita harus menyiapkan vaksin Covid-19 untuk para calon jemaah haji itu,” ujar Baluki Ahmad dihubungi di Jakarta, Kamis (4/3/2021), seperti dilansir republika.co.id.

Ia menambahkan pihaknya akan mengikuti setiap aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik dari Arab Saudi maupun pemerintah Indonesia.

Kendati demikian, ia mengatakan, yang tak kalah penting dari persyaratan vaksinasi Covid-19 adalah kejelasan mengenai jumlah kuota haji Indonesia pada tahun 2021 ini.

“Sudah pastikah berapa kuota yang diberikan kepada Indonesia? Itu masih menjadi perhatian,” ucapnya.
 
Secara terpisah, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat AMPHURI, Firman M Nur mengatakan, sejak awal pihaknya sudah menyampaikan usulan kepada Pemerintah dan Komisi VIII DPR bahwa calon jemaah haji yang sudah lunas dan ditunda keberangkatannya tahun lalu agar mendapatkan prioritas vaksinasi Covid-19.

“Usulan AMPHURI diterima oleh Menag Yaqut, dan akhirnya Kemenag pun telah mengajukan prioritas vaksinasi bagi jemaah haji ke Kementerian Kesehatan. Artinya, Indonesia sudah siap memenuhi persyaratan tersebut,” ujarnya.

Adapun terkait vaksin Covid-19 yang beredar di Indonesia dari Sinovac, Firman mengatakan, hal itu telah mendapatkan rekomendasi halal dan aman dari BPOM-MUI. Dengan demikian, itu akan memberikan rasa aman dan tenang bagi calon jemaah haji untuk mengikuti vaksinasi.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Arab Saudi memutuskan bahwa hanya jemaah yang sudah divaksin Covid-19 yang diizinkan mengikuti haji tahun ini, demikian seperti dilansir surat kabar Okaz pada Senin (1/3).

Baca Juga :  Presiden FIFA Ikut Bahagia Lionel Messi Bertahan di Barcelona

“Vaksin Covid-19 wajib bagi mereka yang hendak menjalani ibadah haji sekaligus akan menjadi syarat utama (untuk mengantongi izin masuk),” bunyi laporan tersebut, mengutip surat edaran yang ditandatangani menteri kesehatan.

Pada 2020, kerajaan Arab Saudi secara dramatis memangkas jumlah jemaah menjadi sekitar 1.000 orang guna membantu mencegah penyebaran virus corona, setelah melarang jemaah dari luar negeri untuk pertama kalinya di zaman modern. @fen
 

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gara-gara Kalahkan Gamer Catur Internasional, Akun Orang Indonesia Diblokir Chess.com 

Sab Mar 6 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Akun orang Indonesia dengan nama Dewa_Kipas diblokir di platform Chess.com. Dewa_Kipas merupakan akun milik mantan pecatur profesional Indonesia, Dadang Subur. Penyebab pemblokiran Dewa_Kipas diduga karena akun tersebut mengalahkan gamer catur terkenal di dunia Levy Rozman alias GothamChess. Informasi ini pertama dibagikan oleh pengguna Facebook bernama Ali Akbar […]