Huawei Meluncurkan Solusi “Airport Cloud-Network” yang Mempercepat Transformasi Digital Menuju “Smart Airport”

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Di ajang HUAWEI CONNECT 2021, Huawei meluncurkan Solusi Airport Cloud-Network terbaru yang menawarkan berbagai fitur luar biasa, seperti one-stop access, one network for all services, one cloud across multiple areas, dan one-stop integrated security. Solusi yang kaya fitur ini mendukung transformasi digital bandara untuk meningkatkan efisiensi operasional, jaminan keamanan, serta pengalaman perjalanan. Dengan demikian, solusi ini menjadi landasan menuju smart airport.

Kini, sektor penerbangan sipil global tengah mengalami transformasi digital yang pesat. Bandara—sarana layanan transportasi bagi maskapai penerbangan, penumpang, dan penyedia layanan kargo—mengubah fokus digital dari pertumbuhan cepat menuju pertumbuhan bermutu tinggi. Misalnya, bandara harus melakukan konvergensi data pada jaringan biasa yang terpisah-pisah guna mendukung berbagai layanan baru, seperti smart stand allocation. Pengelola bandara juga harus meningkatkan pengalaman Wi-Fi penumpang di gedung-gedung terminal demi menjaga peringkat kepuasan penumpang versi Airports Council International (ACI). Mengingat service cloudification mampu mengatasi batas-batas fisik, bandara pun harus mengatasi isu-isu keamanan baru. Karena skala jaringan terus bertambah luas, bandara wajib meningkatkan efisiensi kegiatan operasional dan pemeliharaan (O&M).

Alex Sun berkata, “Didukung berbagai inovasi teknologi berkelanjutan terhadap keamanan, efisiensi, dan pengalaman bandara, Huawei akan terus bekerja sama dengan para klien dan mitra di seluruh dunia untuk memperluas penggunaan Solusi Airport Cloud-Network. Solusi ini akan mempercepat transformasi digital menuju smart airport.”

Solusi Airport Cloud-Network dari Huawei terdiri atas jaringan akses terminal bandara, backbone network, cloud data center network, dan keamanan jaringan terintegrasi. Solusi ini memiliki empat fitur unik berikut:

  • One-stop access dan Wi-Fi 6 continuous networking: Solusi Huawei dirancang dengan AirEngine Wi-Fi 6 untuk menciptakan jaringan akses nirkabel berkapasitas gigabita. Dengan demikian, jangkauan jaringan berdensitas tinggi dan kontinu dapat terwujud di seluruh gedung terminal bandara. Secara khusus, smart antenna yang unik dengan empat elemen mampu memperluas jangkauan jaringan hingga 20%, mewujudkan jangkauan lengkap Wi-Fi tanpa blind spot. Lebih lagi, algoritma canggih juga dipakai untuk menghadirkan layanan roaming secara seketika, menjamin peralihan roaming pada seluruh jaringan tanpa packet loss. Hasilnya, gangguan terhadap layanan yang digunakan penumpang dapat dicegah, seperti video dan gaming.
    One network for all services dan IPv6+ yang menghadirkan lebih banyak inovasi: Solusi Huawei memanfaatkan teknologi inovatif IPv6+ guna membangun backbone network secara terpusat untuk berbagai layanan. Hal ini menghasilkan banyak manfaat, termasuk hard-slicing pada jenjang Mbps yang terdepan di industri, hard isolation pada arus penggunaan dari 1.000+ aplikasi, dan jaminan bandwidth 100% untuk layanan-layanan penting. Fitur luar biasa ini mendukung backbone network yang mengakomodasi beragam layanan, seperti pemeriksaan keamanan, proteksi keamanan, ritel, dan ground handling.
  • One cloud across multiple areas dan network as a service (NaaS): Setelah berbagai layanan bandara bermigrasi ke cloud, cloud data center kini tersebar di area yang luas. Untuk itu, solusi Huawei mendukung implementasi jaringan otomatis demi mempercepat peluncuran layanan. Huawei juga memakai teknologi cerdas yang mampu memprediksi kerusakan, dan secara akurat menemukan titik kerusakan dalam hitungan menit. Tingkat prediksi kerusakan jaringan yang proaktif ini bahkan mencapai di atas 90% sehingga efisiensi operasional bandara meningkat secara drastis.
  • One-stop integrated security dan kolaborasi cloud-network-security: Data layanan bandara semakin berharga, sementara, keamanan data menjadi prioritas utama. Untuk itu, solusi Huawei melansir sistem kolaborasi cloud-network-security yang berbasis pada arsitektur zero-trust untuk mewujudkan deteksi dinamis dan analisis berteknologi cerdas. Sistem kolaborasi ini menyajikan analisis secara seketika terhadap postur keamanan pada seluruh jaringan dan melakukan deteksi ancaman yang efisien dengan akurasi di atas 96%.
    Huawei selalu berinovasi demi memenuhi harapan klien dari kalangan pengelola bandara yang menginginkan keamanan, efisiensi, dan pengalaman jaringan. Setelah menguasai banyak keahlian teknis dan rekam jejak yang baik dalam transformasi digital, Huawei akan berkolaborasi dengan berbagai klien dari kalangan pengelola bandara dan mitra-mitra untuk mengeksplorasi dan menerapkan solusi-solusi bandara yang inovatif.
Baca Juga :  REFLEKSI| Cara Dakwah Nabi Adalah Berinteraksi

Dengan demikian, transformasi digital berjalan lebih cepat menuju smart airport.

Huawei menggelar HUAWEI CONNECT 2021 secara virtual dari 23 September-31 Oktober. Tema tahun ini adalah “Dive into Digital”. Huawei akan mengulas aplikasi teknologi secara praktis, seperti cloud, AI, dan 5G di seluruh industri, serta bagaimana sederet teknologi ini dapat membuat organisasi dari beragam jenis dan skala menjadi lebih efisien, serbaguna, dan akhirnya lebih tangguh, khususnya menuju pemulihan ekonomi.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Aplikasi Investasi MAKMUR Meraih Pendanaan Awal Tujuh Digit untuk Pengembangan Fitur dan Sumber Daya Manusia

Sen Sep 27 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Aplikasi investasi asal Indonesia, MAKMUR, telah meraih pendanaan awal tujuh digit yang dipimpin oleh BEENEXT dan dengan partisipasi Kinesys Group, Trihill Capital, dan angel investors terkemuka seperti Yiping Goh (Partner Quest Ventures), Edward Tirtanata (CEO Kopi Kenangan), Vidit Agrawal (CEO GajiGesa), dan Andrew Lee (mantan eksekutif di […]