Hujan Ringan Guyur Bandung Hari Ini

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Kota Bandung hari ini, Rabu (27/12/2023), diprakirakan akan diguyur hujan ringan sejak siang hingga malam hari. Suhu udara berkisar antara 20-31 derajat Celsius, dengan kelembapan udara mencapai 95 persen.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan ringan terjadi akibat adanya pertemuan massa udara basah dari Samudera Hindia dengan massa udara kering dari Benua Asia. Hal ini menyebabkan terbentuknya awan-awan konvektif di sebagian besar wilayah Jawa Barat, termasuk Kota Bandung.

“Kondisi ini dipengaruhi oleh adanya pola angin monsun yang bertiup dari arah barat laut ke tenggara. Angin ini membawa massa udara basah dari Samudera Hindia yang bertemu dengan massa udara kering dari Benua Asia. Akibatnya, terjadi proses kondensasi yang membentuk awan-awan konvektif,” ujar Kepala Stasiun BMKG Bandung, Teguh Rahayu.

Teguh menambahkan, hujan ringan yang terjadi di Kota Bandung berpotensi menimbulkan dampak seperti banjir, tanah longsor, dan genangan air. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah rawan bencana.

“Kami menghimbau masyarakat untuk selalu memantau informasi cuaca dari BMKG melalui website, aplikasi, atau media sosial. Jika terjadi hujan lebat, segera mengungsi ke tempat yang lebih aman dan menghubungi pihak terkait jika membutuhkan bantuan,” tutur Teguh.

Sementara itu, salah seorang warga Bandung, Hesti Widiastuti, mengaku tidak terlalu terganggu dengan hujan ringan yang terjadi hari ini. Ia mengatakan, hujan ringan justru membuat udara menjadi lebih sejuk dan segar.

“Saya sih tidak masalah dengan hujan ringan. Malah enak, udaranya jadi adem dan bersih. Apalagi sekarang kan masih libur, jadi bisa santai di rumah. Kalau mau keluar, ya pakai payung atau jas hujan aja,” kata Hesti.

Baca Juga :  Kukuhkan 14 Guru Besar, UIN Sunan Gunung Djati Bandung Raih Rekor Muri

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dede Farhan Diminta Investigasi Kecelakaan Kerja di Belawan

Rab Des 27 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BELAWAN – Dede Farhan Aulawi selaku Certified Accident Investigator sedang diminta bantuan dalam melakukan proses investigasi kecelakaan kerja di salah satu industri pengecoran logam di Kabupaten Belawan, Sumatera Utara. Tindakan pertama dalam menangani kecelakaan kerja adalah menolong keselamatan korban. Setelah itu mengamankan area agar tidak jatuh korban […]