Ini Pemicu Hujan Lebat Penyebab Banjir di Bandung, Menurut BMKG

Editor Ini pemicu hujan lebat penyebab banjir di Bandung menurut BMKG./antara/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung Tony Agus Wijaya menjelaskan pemicu hujan lebat penyebab banjir di wilayah Bandung pada Kamis (24/12).

Saat dihubungi dari Kota Bandung, Jumat (25/12/2020, ia menjelaskan bahwa perubahan pola angin yang dipengaruhi oleh dinamika atmosfer membuat awan hujan terkumpul di atas wilayah Bandung, Jawa Barat.

“Terdapat gangguan yang cukup signifikan di wilayah Jawa Barat yang menyebabkan perlambatan massa udara di sebelah barat Jawa Barat. Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di antaranya di wilayah Jawa Barat,” katanya.

Selain itu, menurut dia, citra satelit pada Kamis (24/12/2020) menunjukkan adanya pertumbuhan awan konvektif atau cumulonimbus dalam skala luas pada siang hingga sore hari di wilayah Bandung.

“Inilah yang diperkirakan menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga terjadi banjir,” kata Tony.

Dia mengemukakan bahwa menurut prakiraan musim hujan mencapai puncak pada Januari 2021 di wilayah Jawa Barat.

Pada Jumat, wilayah Jawa Barat diprakirakan menghadapi hujan dengan intensitas ringan.

“Waspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” katanya. @fen

Baca Juga :  PIALA EROPA 2020/2021: Gol Harry Kane di Babak Tambahan Bawa Inggris ke Final

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolres Ciamis Pantau Personel Pengamanan di Tempat Ibadat

Jum Des 25 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., langsung terjun mengawasi personelnya yang tengah melakukan pengamanan terkait kegiatan ibadat jemaat Natal di sejumlah Gereja di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (25/12/2020). Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan pengamanan di sejumlah tempat peribadatan, gereja, secara maksimal. Selain itu […]