Ini Pernyataan Kapolresta Bandung Terkait Dugaan Adanya Teror Terhadap Jurnalis

Editor Audiensi jajaran pengurus PWI Perwakilan Kabupaten Bandung dengan Kapolresta Bandung di Mapolresta, Selasa (21/9/2020)./visi.news/ist
Silahkan bagikan
  • Kalau memang benar insiden teror dan intimidasi yang menimpa saudara kita Pimred BandungKita.id, Zezen Zaenal berkaitan dengan berita, PWI mengutuk aksi-aksi seperti itu.

VISI.NEWS – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sangat mengutuk insiden teror dan intimidasi kepada insan pers, karena seharusnya kalau ada isi berita yang tidak sesuai dengan fakta, ada hak jawab dan hak koreksi.

“Kalau memang benar insiden teror dan intimidasi yang menimpa saudara kita Pimred BandungKita.id, Zezen Zaenal berkaitan dengan berita, PWI mengutuk aksi-aksi seperti itu. Percaya bahwa jurnalis itu bekerja bukan untuk dirinya sendiri tapi untuk publik. Kalau ada berita yang tidak benar maka selesaikan sesuai aturan hukum dalam hal ini ada UU Pers,” ungkap Ketua PWI Perwakilan Kabupaten Bandung H. Rahmat Sudarmadji saat melakukan audiensi beserta pengurus PWI lainnya kepada Kapolresta Bandung Kombes Pol. Hendra Kurniawan, S.I.K, Selasa (21/7/2020).

Katanya, kalau ada wartawan yang merasa terintimidasi silakan melaporkan ke Polresta Bandung. “Karena sebenarnya Dewan Pers dengan Kapolri sudah ada MoU, jadi kalau ada berita-berita yang terkait delik pers mengedepankan dulu UU Pers, dimana disana ada hak jawab dan hak koreksi. Untuk itu, dalam mengimplementasikan MoU itu di daerah, PWI ingin sekali bersinergi dengan Kapolres dan PWI siap membantu mensosialisasikan program-program Kapolres,” ungkap Rahmat yang dalam audiensi tersebut antara lain didampingi Bidang Advokasi PWI Kab. Bandung Aep S. Abdullah.

Link Isi MoU Dewan Pers dengan Kapolri:

https://dewanpers.or.id/assets/documents/kesepahaman/040-Mou%20Dewan%20Pers%20-%20Polri.pdf

Audiensi jajaran pengurus PWI Perwakilan Kabupaten Bandung dengan Kapolresta Bandung di Mapolresta, Selasa (21/9/2020)./visi.news/ist

Langkah Proaktif

Sementara itu, Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, S.I.K, dalam penjelasannya mengungkapkan bahwa penyidik Polresta Bandung sudah melakukan langkap proaktif atas dugaan kasus tersebut.

Baca Juga :  Pilkada 2020 Antara Bencana Kesehatan, Ekonomi, dan Demokrasi

“Adanya rekan kita dari pers yang merasa terancam dengan adanya teror, sikap kita polisi adalah, pertama kalau memang korban ini insan pers mengalami tindakan yang tidak menyenangkan, ancaman, kekerasan fisik, sebetulnya bisa langsung melaporkan. Ini sudah kita komunikasikan dengan yang bersangkutan, ternyata saudra Zezen yang kita hubungi, ketika kita tangakan bagaimana mau dilaporkan tidak, jawabnya tunggu pak saya masih fikir-fikir dulu,” ujar Kapolres.

Dengan sikap terduga korban yang mau fikir-fikir dan fakta yang ada di lapangan akan memnimbulkan persepsi yang berbeda-beda. “Ini repotnya antara fikir-fikir dan fakta yang ada di lapangan akan menimbulkan suatu persepsi yang berbeda-beda. Mungkin rekan-rekan pers tidak tahu kalau kita menghubungi yang bersangkutan, jawaban yang bersangkutan mau fikir-fikir dulu, mau dikomunikasikan dulu,” jelasnya.

Kemudian, kata Kapolres, pihaknya menunggu kabar selanjutnya karena harus ada laporan dari korban. “Kalau nanti tidak melapor dan masih beropini juga di media massa, ternyata masih ada ancaman-ancaman berikutnya, maka mau tidak mau, sesuai dengan kewenagan yang ada di penyidik, kami akan turun ke lapangan untuk melakukan proses penyelidikan. Apakah betul ada ancaman atau tidak. Kalau tidak betul, berarti pelaku memberitakan yang tidak sesuai dengan faktanya. Itu saja kita mah gampang,” tandasnya.

Kebetulan, kata Kapolres, pihaknya sudah beberapa kali mengawal jalannya Pilkada jadi tidak aneh kalau nanti ada berita-berita seperti itu. “Saya sudah menyampaikan kepada penyidik untuk sesuai dengan prosedur saja. Artinya kalau ada fakta hukumnya di lapangan itu yang akan kita tegakkan. Jadi tidak usah khawatir rekan-rekan pers terintimidasi, dan kita akan proaktif,” tandasnya.@mpa/asa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolresta Sambut Baik Audiensi Pengurus PWI Kab. Bandung

Sel Jul 21 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan menyambut baik jajaran pengurus dan anggota PWI Kab. Bandung yang melakukan audensi, Selasa (21/07) di Ruang Monitoring Mapolresta Bandung, di Soreang. Dikatakan Kombes Hendra Kurniawan, pihaknya selalu terbuka kepada siapapun, termasuk media massa, “Wartawan yang biasa meliput di sini (Polresta) sudah […]