Ini Sebab MUI Tidak Dukung Usulan Salat Jumat 2 Gelombang

Editor Ilustrasi Gedung MUI./liputan6/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Wasekjen Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Sholahuddin Al Aiyub mengungkap hasil rapat dengan sejumlah ulama tentang tidak adanya rekomendasi salat Jumat dua gelombang.

Dia menyatakan, kajian dari para ulama dari zaman ke zaman tidak memilih opsi salat Jumat dua gelombang atau lebih di tempat yang sama.

“Mereka sudah membolehkan salat Jumat di lebih dari satu masjid di satu kawasan bila ada keadaan yang mendesak seperti ini. Tapi, kebolehan melaksanakan salat Jumat dua gelombang atau lebih di satu tempat yang sama, tidak relevan diterapkan di Indonesia,” kata Sholahuddin lewat siaran persnya yang diterima, Kamis (4/6), seperti dilansir Lipiutan6.com.

Ada beberapa sebab, MUI menegaskan hal tersebut. Pertama, bahwa pendapat salat jumat bergelombang didasarkan pada dalil syariah yang lemah dan menyelisihi pendapat mayoritas (jumhur) ulama.

Kedua, kalaupun kebolehan tersebut terjadi di negara Eropa, Amerika, maupun Australia, tidak lantas bisa dijadikan dalil untuk juga diterapkan di Indonesia karena situasi dan kondisinya berbeda.

“Di negara-negara tersebut, umat Islam merupakan minoritas dan sangat sulit mendapatkan izin tempat untuk melaksanakan salat Jumat. Serta tempat yang ada tidak bisa menampung jumlah jemaah. Sehingga tidak ada alternatif lain bagi mereka selain mendirikan salat jumat secara bergelombang di tempat yang sama,” jelas dia. @fen

Baca Juga :  Membangun Masyarakat Rendah Karbon dan Cerdas dengan Inovasi Teknologi

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Jaksa Minnesota Naikkan Dakwaan terhadap Derek Chauvin atas Kematian George Floyd

Kam Jun 4 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Jaksa Minnesota menaikkan dakwaan terhadap Derek Chauvin, mantan polisi Minneapolis yang melakukan tindakan menyebabkan kematian George Floyd. Sementara, Jerman serukan akhiri tindak kekerasan dan atasi rasisme.Tiga polisi Minneapolis yang terlibat atas kematian George Floyd, turut didakwa pada Rabu (3/6) karena berperan dalam tindakan yang menyebabkan kematian terhadap […]