Ini SOP-nya, Ambulan Pembawa Jenazah Covid Antri ke Pemakaman Cikadut.

Editor :
Rombongan yang membawa jenasah Covid-19 di TPU Cikadut, Senin (21/6/2021). /visi.news/syahrul mubarok

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Antrian ambulan yang membawa jenazah pasien Covid-19, Senin (21/06/2021) siang memasuki tempat pemakaman umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung, Jawa Barat.

Ambulan yang membawa jenazah-jenaza tersebut rata-rata diiringi oleh rombongan keluarga pengantar, sehingga terlihat jumlah kendaraan yang mengantri sangat banyak.

Informasi dari lokasi menyebutkan bahwa ambulan-ambulan yang membawa jenazah tersebut sebagian berasal dari rumah sakit, sebagian lainya membawa jenazah yang meninggal di rumah didampingi oleh relawan/kerabat yang menggunakan alat perlindungan diri (APD)  dibawa kepemakaman tersebut.

“Keluarga saya meninggal di rumah sakit, tapi karna rumah sakit itu tidak menyediakan ambulan khusus Covid, maka saya dan keluarga berinisiatif membawa jenazah Covid ini ke tempat pemakaman ini dengan menggunakan protokol pemakaman,” ungkap Amran (38) bukan nama sebenarnya, salah seorang kerabat yang membawa jenazah menggunakan APD.

Suasana di pemakaman sendiri sangat sibuk, sejumlah petugas terlihat sedang menulis padung-padung dari kayu, dan tumpukan kayu padung terlihat disebelah kantor pemakanan. Sebagian lagi terlihat lalu-lalang petugas membawa keperluan pemakaman lainya. Dari dalam pemakanan, sejumlah liang lahat sudah disiapkan.

“Aduh mohon maaf yah, kami tidak bisa memberi keterangan mengenai pemakaman Covid di sini, harus langsung dari UPT Dinas PUTR,” ungkap seorang petugas pemakaman yang enggan menyebutkan namanya.

Meski engan menyebutkan namanya, petugas pemakaman tersebut menanggapi berita pembongkaran 700 makam Covid pekan kemarin di pemakaman ini. Ia menyebutkan bahwa 700 makam yang dibongkar tersebut dikarnakan hasil tes pasien Covid belum keluar sedangkan pasien sudah meninggal, sehingga dari pihak rumah sakit segera memakamkan jenazah tersebut sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes).

Kepala UPT Pemakaman Wilayah III Sumpena mengungkapkan bahwa standar operasional Prosedural (SOP) Pemakaman Covid 19 di TPU Cikadut

  1. Ahli waris datang ke TPU Cikadut dengan membawa surat Kematian, foto copy KTP Almarhum dan ahli waris.
  2. Ahli waris mengisi surat permohonan Pemakaman
  3. Setelah ahli waris mengisi surat permohonan pemakaman, jenazah bisa dimakamkan.
  4. Retribusi pemakaman tidak bayar.
  5. Liang langat sudah disediakan.
  6. Pelayanan 24 jam
Baca Juga :  Villarreal Juara Liga Europa Usai Kalahkan MU Lewat Adu Penalti

@nia/rul

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lawan Covid-19, Forkopimcam Baleendah Sosialisasi di Desa Rancamanyar

Sen Jun 21 , 2021
Silahkan bagikanUpaya untuk menekan angka Covid-19 di Kecamatan Baleendah giat dilakukan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam). Hari ini, mereka sosialisasi antisipasi penyebaran virus tersebut di Desa Rancamanyar. Tampak hadir dalam sosialisasi tersebut Plt. Camat Baleendah Teguh Purwayadi, Kapolsek AKP Sungkowo, Kepala Puskesmas Rancamanyar dr. Venny, lurah, sekdes dan BPD setempat, […]