Ini Yang Harus Dilakukan Begitu Seseorang Didiagnosis Diabetes

Editor Ilustrasi diabetes./shutterstock/via suara.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Didiagnosis penyakit tertentu pastinya akan membuat seseorang terkejut. Tapi, setelah berhasil menenangkan diri, sebaiknya segera lakukan tindakan lanjutan agar penyakit tidak semakin parah.

Begitu pula yang sebaiknya dilakukan pasien diabetes melitus tipe 2. Penyakit diabetes yang dibiarkan bisa berisiko terjadi komplikasi di berbagai organ, seperti jantung, kaki, otak, mata, juga ginjal.

“Kalau diabetes ditangani dari awal, kita bisa mencegah penyakit besar lainnya,” kata dokter spesialis penyakit dalam di JEC Eye Hospitals and Clinics Dr. Bhanu Kumar, BMedSc, Sp.PD., saat webinar, Selasa (16/11/2021), seperti dilansir Suara.com.

Kemungkinan komplikasi bisa terjadi pada hampir seluruh tubuh lantaran penyakit diabetes terjadi pada pembuluh darah yang meliputi setiap organ.

Dokter Bhanu menyampaikan, biasanya komplikasi awal terjadi pada pembuluh darah kecil yang berada banyak di area mata dan ginjal.

Oleh sebab itu, ia menyarankan, agar segera lakukan pemeriksaan kesehatan mata dan ginjal begitu didiagnosis diabetes.

“Kalau sudah didiagnosis diabetes, segera periksa mata juga ginjal. Jika ditemukan kelainan, kontrol per 1 bulan. Kalau kelainannya ringan per 3 bulan. Kalau tidak ada, boleh kontrol per 1 tahun,” ucapnya.

Meski tidak ditemukan komplikasi, pasien diabetes harus tetap mengontrol kadar gula darah tetap normal. Selain menjalani pengobatan medis, pasien juga harus disiplin menerapkan pola makan sehat dan olahraga teratur.

“Olahraga yang disarankan adalah aerobik yang membakar lemak. Kalau asupan lebih sarankan fiber (serat pangan) lebih tinggi. Bukan karbo yang lebih tinggi. Tapi bukan berarti no karbo, itu tetap dibutuhkan,” jelas dokter Bhanu.

Menurutnya, pengobatan secara medis sebenarnya bukan proses penyembuhan yang utama, meski tetap penting dilakukan. Akan tetapi, pola diet yang baik dan olahraga teratur menjadi kunci agar tidak terjadi perburukan akibat diabetes. Oleh sebab itu, diperlukan pula kesadaran pasien agar penyakitnya bisa tetap terkontrol.
@fen

Baca Juga :  Sadar Muslihat: Antusias Warga Tinggi, Kehadiran Pemilih Hampir 100 Persen pada Pilkades Serentak di Sumedang

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Sudah Siapkan Nasi Kotak untuk Dosen, Sidang Mahasiswa Ini Malah Diundur

Rab Nov 17 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Sidang skripsi menjadi momen mendebarkan sekaligus dinantikan oleh para mahasiswa. Hal ini tak mengherankan karena sidang skripsi menjadi pintu yang sangat dekat menuju kelulusan. Tak jarang, para mahasiswa benar-benar menyiapkan momen sidang skripsi itu. Salah satu contohnya adalah pria dalam video yang diunggah akun TikTok […]