Insyaallah Bakal Terjadi Dalam Setahun Dua Kali Hari Raya Idulfitri

Editor :
Hari Raya Idulfitri./foto: freepik/via okezone.com/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pada 2033 nanti ternyata Hari Raya Idulfitri terjadi hingga dua kali. Ini momen yang sangat jarang terjadi Hari Raya Idul fitri penuh kebahagian hingga dua kali dalam setahun.

Namun bagaimana sebenarnya hitungan kalendernya hingga Ramadan dan Idulfitri bisa terjadi 2 kali dalam setahun, yaitu pada tahun 2033.

Mengutip Okezone.com dari laman Mashable pada Senin (3/5/2021) bahwa sudah menjadi rahasia umum bahwa Islam berjalan pada kalender yang sama sekali berbeda dengan yang biasa dilakukan sebagian besar dunia.

Islam menggunakan kalender Hijriah sementara umumnya dunia menggunakan kalender Masehi. Kalender Islam didasarkan pada migrasi (hijrah, red.) Nabi Muhammad – yang dikenal sebagai hijrah dalam bahasa Arab – dari Kota Mekah ke Madinah pada tahun 622 M. Kata hijrah juga menjadi alasan sistem itu disebut kalender Hijriah.

Dalam laman itu disebutkan bahwa sama seperti kalender Masehi, kalender Hijriah punya 12 bulan yang terdiri dari Muharam, Safar, Rabiulawal, Rabiulakhir, Jumadilawal, Jumadilakhir, Rajab, Syaban, Ramadan, Syawal, Zulkaidah, dan Zulhijah.

Walau ada kesamaan jumlah hitungan bulan ada 12 bulan dalam satu tahun, namun patut diingat kalender Masehi sudah pakem dengan jumlah 365 hari.

Sementara kalender Hijriah punya 355 hari. Artinya, ada selisih 10 hari atau 11 hari (dibanding tahun kabisat) dalam setahun.

Perbedaan itulah yang menyebabkan bulan puasa ini selalu lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya.

Jadi jika merujuk pada hitungan itu maka Hari Raya Idulfitri akan hadir dua kali setahun. Peristiwa itu dapat terjadi pada 2033, nanti. @fen

Baca Juga :  Meksiko Diguncang Gempa M 7,4 dan Tsunami Lokal, 5 Tewas

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Fakta-Fakta Terkait Penangkapan Wanita Pengirim Sate Sianida, Diduga Sakit Hati

Sel Mei 4 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – NA (25), wanita pengirim sate beracun yang menewaskan Naba Faiz Prasetya (10) warga Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya ditangkap, Senin (3/5/2021). Menurut polisi, NA mengaku mengirim sate tersebut karena sakit hati dengan seorang pria bernama Tomy yang merupakan anggota kepolisian. Bungkusan sate itu […]