IPDN Gencar Lakukan Sosialisasi Terkait UU Cipta Kerja

Editor :
IPDN gencar lakukan sosialisasi terkait UU Cipta Kerja./visi.news/istimewa.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) gencar memberikan sosialisasi terkait UU Cipta Kerja. Setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi di IPDN kampus Sulawesi Selatan, Jumat (6/11/2020), disusul dengan IPDN kampus Kalimantan Barat, dan Papua serta Sulawesi Utara.

Dalam rilis berita yang diterima VISI.NEWS, Kamis (12/11/2020), hari ini tim IPDN menggelar kegiatan sosialisasi di IPDN kampus Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara luring dan daring. Hadir secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di IPDN kampus NTB yakni ketua DPRD, Sekda dan Asda I Kabupaten Sumbawa Barat, Asda I Kabupaten Bima, Kepala DPRD, Sekda dan Asda I Kota Bima, Sekda Kabupaten Lombok Tengah, Sahli Kabupaten Lombok Tengah, Ketua DPRD Kota Mataram, Wakil Rektor Universitas Mataram, Wakil Rektor UIN Mataram, perwakilan BEM dari Universitas Mataram, Univ. Muhammadiyah, Univ. Al Azhar, Univ. Qomarul Huda, Univ. Gunung Rinjani dan UIN Mataram, serta perwakilan dari HIPKINDO, Ketua SPSI Lombok Epin centrum, Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin, Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia serta DPD SPN NTB .

Total jumlah peserta yang hadir secara luring yakni 146 orang dan yang mengikuti secara daring sebanyak 397 orang.

Kegiatan sosialisasi UU Cipta Kerja yang dilaksanakan IPDN ini merupakan inisiasi dari Rektor IPDN yang dilakukan atas dasar arahan Presiden Joko Widodo dan perintah Mendagri Muhammad Tito Karnavian agar meluruskan disinformasi dan ‘hoax’ yang sengaja disebarkan atas UU tersebut yang kemudian memicu resistensi berbagai kelompok di masyarakat.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi ini mencakup seluruh substansi atau isu dalam UU Cipta Kerja yang terbagi ke dalam 5 (lima) kluster yakni peningkatan ekosistem dan perizinan berusaha, ketenagakerjaan, riset dan informasi, kemudahan perlindungan dan pemberdayaan koperasi serta UMKM, pengadaan tanah dan kawasan ekonomi serta investasi pemerintah pusat dan administrasi pemerintahan.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia memberikan apresiasi tinggi kepada Rektor IPDN yang telah membentuk Tim Percepatan Sosialisasi Undang-Undang Cipta Kerja di wilayah barat dan timur sesuai dengan lokasi keberadaan kampus IPDN daerah.

Apresiasi ini disampaikan langsung oleh Mendagri pada saat menyampaikan Kuliah Umum bagi satuan praja IPDN di Kampus IPDN Jatinangor, Sabtu (7/11/2020).

“Saya berharap dalam sosialisasi ini dapat terjaring masukan-masukan dari stakeholders untuk segera kita tampung dan rumuskan ke dalam muatan penyusunan Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden dan peraturan lainnya sebagai penjabaran dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja”, ujar Mendagri.

“Masukan-masukan yang diterima dari kegiatan sosialisasi akan dijadikan bahan penyusunan 37 Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang kini tengah digodok”,  ujar Wakil Rektor IPDN, Prof. Khasan Efendi, M.Si. 

Masih menurut Wakil Rektor IPDN, Omnibus Law ini adalah gerbong yang menjadi upaya pemerintah dalam mengatasi keadaan perekonomian di saat dan pasca bencana.

Hal ini sesuai dengan teori yang disampaikan oleh Sallow bahwa perekonomian akan maju dan berkembang jika mempengaruhi beberapa aspek yakni aspek modal, transportasi, tenaga kerja, dan iklim kerja yang kondusif.

Pemerintah saat ini sedang membahas 37 RPP sebagai turunan dari UU ini, Kemendagri memiliki jatah untuk menyusun RPP Administrasi Pemerintahan. Aspirasi dari masyarakat terutama peserta sosialisasi ini akan dijadikan bahan dalam penyusunan RPP. Pada kesempatan ini, beberapa saran dari peserta sosialisasi telah disimpan sebagai bahan masukan kepada pemerintah, saran yang diterima antara lain dari Sekda Sumbawa Barat yang menekankan poin-poin penting terkait perburuhan, pengupahan, roster kerja yang terjadi kesimpangsiuran informasi di daerah. @bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Logistik Pilkada Sudah Mulai Lengkap

Kam Nov 12 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten Bandung, sudah mulai lengkap. Setelah sejumlah kelengkapan un tuk di tempat pemungutan suara (TPS), kali ini akan segera datang surat suara. Hal itu diungkapkan Ketua KPU kabupaten Bandung Agua Baroya kepada VISINEWS di Soreang, Kamis (12/11). ” Alhamdulillah logistik untuk Pilkada […]