Jalan Pasar Baru Bandung Ditutup, 60% Pedagang Terancam Bangkrut

Seorang penjual kerudung di sekitaran Pasar Baru sedang menunggu pembeli di sela penutupan jalan pagi di Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Selasa (22/9)./ayobandung.com/ryan suherlan.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Sejumlah ruas jalan di Kota Bandung dibuka-tutup sejak Jumat (18/9/2020) guna menekan angka penyebaran virus corona. Salah satunya Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) tempat berdirinya Pasar Baru. Para pedagang di Pasar Baru melakukan protes karena terdampak penutupan jalan.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru Iwan Suhermawan mengatakan, dampak penutupan Jalan Otista sangat dirasakan pedagang, terutama dari sisi ekonomi dan sosial.

“Dampaknya sangat luar biasa ya, dampak merugikan terutama dari sudut pandang ekonomi dan sosial. Para pedagang Pasar Baru saat ini sedang mencoba untuk mengatasi kesulitan-kesulitan mereka, akibat dari pemberlakuan PSBB berkali-kali di bulan-bulan yang lalu, itu sangat memukul telak para pedagang Pasar Baru dan sekitarnya,” ujarnya, Selasa (22/9), seperti dilansir Ayobandung.com.

Iwan menuturkan, 60% para pedagang di Pasar Baru berada di ambang kebangkrutan. Selain itu, banyak lapak yang kosong karena pedagang tidak mampu membayar sewa lapak.

“Jujur saja, para pedagang yang ada di dalam Pasar Baru ini efek dari PSBB kemarin itu, hampir 60% mereka sudah di ambang kebangkrutan. Jadi bisa dilihat di dalam pasar baru begitu banyak jongko (lapak) yang kosong, penyewa-penyewa yang tidak dilanjutkan lagi menyewa tempatnya. Ini semua efek dari pandemi Covid-19 sangat luar biasa ketika PSBB kemarin,” kata Iwan.

Setelah melewati masa PSBB beberapa bulan lalu, kata Iwan, para pedagang mulai menjajakan dagangannya. Namun, adanya pemberlakuan buka-tutup di Jalan Otista, membuat para pedagang harus memutar otak kembali. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mengenal Lebih Dekat Mojang Bandung yang Foto KTP-nya "Geulis Pisan"

Rab Sep 23 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Mojang Bandung bernama Liyanurzeftian mendadak viral di media sosial setelah mem-posting foto KTP-nya via Instagram. Foto KTP itu diunggah Liya pada akun Instagram miliknya @liyanzef, Sabtu 12 September 2020. Posting-an itu disukai lebih dari 50 ribu pengguna Instagram dan mendapatkan banjir pujian dari pengguna Instagram. Sekadar diketahui, gadis […]