JD.com Tercantum dalam Peringkat “FORTUNE 2022 World’s Most Admired Companies” dengan Skor Tanggung Jawab Sosial Terbaik

Editor JD.com.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BEIJING – JD.com tercantum dalam peringkat “FORTUNE 2022 World’s Most Admired Companies” pada posisi keenam dalam kategori Layanan Internet dan Ritel. Sejumlah perusahaan lain yang berada di jajaran Delapan Besar dalam kategori ini termasuk Amazon, Alphabet, Xiaomi, dan lain-lain.

JD.com telah dua kali tercantum dalam peringkat ini setelah tahun lalu. FORTUNE berkolaborasi dengan Korn Ferry untuk menyusun peringkat ini, dan menyurvei lebih dari 3.700 eksekutif, direktur, serta analis. Survei tersebut mengukur reputasi dan kinerja perusahaan. Sembilan kriteria yang digunakan dalam pemeringkatan ini meliputi valuasi investasi jangka panjang, tanggung jawab sosial, kualitas produk/layanan, inovasi, daya saing global, dan lain sebagainya.

JD.com memiliki skor “tanggung jawab sosial” terbaik di antara perusahaan-perusahaan Tiongkok lain di industri yang sama dalam peringkat ini. JD.com juga menunjukkan kinerja luar biasa dalam aspek-aspek “penggunaan aset perusahaan”, “valuasi investasi jangka panjang”, dan “kualitas produk/layanan”.

Dalam penanganan Covid-19, JD.com telah berada di garis terdepan dalam mendonasikan persediaan medis dan makanan, serta mengandalkan fasilitas pergudangan dan transportasinya di seluruh wilayah Tiongkok untuk membantu komunitas lokal. Sementara, komitmen JD terhadap rantai pasokan ramah lingkungan dan ekonomi sirkular pada tahun lalu, mengingat skala operasionalnya yang luas, menghasilkan pemanfaatan energi bersih, penghematan pemakaian kemasan, daur ulang produk bekas, dan lain-lain.

Sejak 2020, JD telah mendukung pedesaan Tiongkok mencapai produksi industri senilai RMB 320 miliar ($50 miliar) dalam naungan program revitalisasi pedesaan. Program ini ingin meningkatkan produksi industri menjadi lebih dari RMB 1 triliun dalam tiga tahun mendatang.

Dengan terus meningkatkan efisiensi rantai pasok, JD berhasil mencapai waktu pemrosesan inventori selama 30 hari pada Triwulan III-2021, kinerja kelas dunia dalam pengelolaan lebih dari 10 juta SKU secara internal. JD juga mewujudkan layanan last-mile delivery dalam tempo kurang dari satu jam bagi merek dan mitranya. Dengan demikian, JD menawarkan layanan belanja terbaik bagi konsumen di Tiongkok.

Baca Juga :  Fluktuasi hanya pada Cabai, Jelang Ramadhan, Stok dan Harga Bahan Pokok di Jabar Stabil

Akhir-akhir ini, JD mengambil langkah inovatif dalam ekspansi internasional. Pada Januari 2022, JD membuka gerai ritel pertama yang dilengkapi robot di Belanda–format belanja omni-channel yang tergolong luar biasa di dunia. Lewat langkah tersebut, JD mengeksplorasi masa depan dunia ritel. Satu minggu setelah 18 Januari, JD menjalin kerja sama strategis dengan Shopify demi mewujudkan “kanal belanja yang lebih cepat”. Kerja sama ini membantu merek dan produk dijual di Tiongkok, dan sebaliknya.

Hingga kini, jaringan rantai pasok global JD telah menjangkau lebih dari 220 negara dan wilayah di dunia. Sementara, unit usaha logistik internasional JD mengelola sekitar 80 fasilitas pergudangan di kawasan berikat dan wilayah luar negeri, serta rute penerbangan kargo antara Tiongkok dan Amerika Serikat, Inggris, dan Thailand. Didukung beragam layanan pengiriman barang lewat udara, jalur kereta, laut, dan truk, serta berbagai layanan lintaswilayah lain, pesanan dari luar negeri dapat dikirim dari pintu-ke-pintu secepat 48 jam.

Dalam beberapa tahun terakhir, JD.com telah beralih menjadi penyedia teknologi dan layanan terkemuka yang berbasis pada rantai pasok. Infrastruktur ritel mutakhir JD.com membantu konsumen membeli segala hal yang diinginkannya, kapan saja dan di mana saja. Sejalan dengan perkembangan bisnisnya, JD.com telah mengembangkan berbagai keahlian dalam ritel, logistik, dan teknologi. JD.com bahkan ikut memberdayakan mitra dan pelaku industri di luar ekosistem JD.

JD menjadi “perusahaan ekonomi riil jenis baru” yang menguasai keahlian digital dan teknologi, serta memiliki DNA dan ciri-ciri perusahaan riil. Berkat kedua hal tersebut, JD mampu memahami perkembangan perusahaan konvensional di beragam industri, dan menyediakan dukungan teknologi bagi perusahaan ini sesuai dengan kebutuhan transformasi digitalnya.@mpa

Baca Juga :  Tak Perlu Ragu, Begini Caranya Memulai Bisnis Hampir Tanpa Modal

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pasar Politik Yang Akan Menentukan Nasib Kang Emil Di Kancah Politik Nasional

Sab Feb 5 , 2022
Silahkan bagikanVISINEWS | BANDUNG – Menanggapi banyaknya relawan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil yang terus secara bergantian mendeklarasikan dukungan terhadap Kang Emil maju dalam Calon Presiden (Capres) 2024, dinilai sangat baik. Politisi Golkar Jabar, Haji Kusnadi mengatakan, deklarasi dukungan terhadap Kang Emil, merupakan bentuk berjalannya demokrasi […]