Jebol Gawang Uzbekistan 2-0, Arab Saudi Dinobatkan Sebagai Juara AFC U-23

Editor Timnas U-23 Arab Saudi seusai ditetapkan sebagai Juara Asian Cup AFC U23, Minggu (19/6/2022). /saudigazette
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | TASHKENT — Arab Saudi dinobatkan sebagai juara AFC U-23 Piala Asia Uzbekistan 2022 setelah mengalahkan Uzbekistan 2-0 di final, Minggu (19/6/2022). The Green Falcons muda menghidupkan kekuatan di babak kedua dengan Ahmed Alghamdi dan Firas Albrikan mencetak gol saat Arab Saudi mengangkat gelar untuk pertama kalinya setelah menjadi runner-up pada 2013 dan 2020. Gelar 2022 dimenangkan Arab Saudi tanpa kebobolan satu gol pun dalam enam pertandingan.

Menit-menit awal pertandingan di Stadion Bunyodkor berjalan sangat hati-hati dengan tidak ada tim yang mau mengambil risiko. Sementara Uzbekistan memiliki porsi kontrol yang lebih besar dalam 15 menit pertama, mereka tidak dapat menemukan cara untuk melewati pertahanan kokoh Arab Saudi. Arab Saudi perlahan-lahan memasuki pertahanan Uzbekistan. Pada menit ke-24 ketika Aiman ​​Yahya menggiring bola ke sepertiga akhir sebelum menarik kembali untuk menemukan Albrikan, yang upaya jarak dekat diblokir oleh bek Alibek Davronov.

Uzbekistan merespons dua menit kemudian dengan kapten Jasurbek Jaloliddinov melakukan tendangan sudut melengkung untuk memaksa kiper Nawaf Alaqidi melakukan penyelamatan pertamanya. Tuan rumah seharusnya bisa membuka skor pada menit ke-33 ketika lob Ulugbek Khoshimov atas bek Saudi disambut Hojimat Erkinov yang melonjak, tetapi gelandang Pakhtakor gagal mendapatkan tendangannya tepat sasaran.

Kelihatannya situasi berbalik menguntungkan Arab Saudi pada menit ke-39 ketika Ahmed Alghamdi dijatuhkan oleh Davronov di kotak penalti, tetapi setelah peninjauan VAR yang ekstensif, keputusan penalti dibatalkan karena Albrikan telah berada dalam posisi offside.

Jaloliddinov dan Saidazamat Mirsaidov kemudian mengancam dengan serangan dari jarak jauh, tetapi kiper Uzbekistan Vladimir Nazarov yang mengakhiri babak pertama menunjukkan kaki dan tangan yang cepat untuk menepis sundulan Ayman Yahya.

Baca Juga :  Utang Rp 2,3 M, Anak Akidi Tio Bisa Dilaporkan Jika Ada Bukti

Arab Saudi setelah jeda 15 menit memasuki babak kedua mereka nampak merubah tak tik lebih menyerang.  Empat menit memasuki babak kedua, Hamad Al Yami memberikan bola ke Alghamdi yang tidak dijaga di tepi kotak, yang kemudian menggiring bola melewati Mirsaidov, sebelum melepaskan tembakan melewati Nazarov yang terukur untuk memecahkan kebuntuan menjadi 1-0. Pelatih kepala Uzbekistan Timur Kapadze kemudian memasukkan Ruslanbek Jiyanov dan Odilbek Abdumajidov pada menit ke-57 untuk memberi timnya lebih memperkuat lini depan.

Jaloliddinov, bagaimanapun, tetap menjadi harapan terbaik Uzbekistan dan sang kapten hampir mengulangi golnya yang menakjubkan di semifinal melawan Jepang pada menit ke-63, hanya untuk meleset beberapa inci. Uzbekistan mengira mereka telah menyamakan kedudukan pada menit ke-71 ketika Jiyanov melepaskan umpan terobosan Jaloliddinov sebelum melewati kiper Nawaf Alqidi, tetapi hakim garis mengangkat benderanya karena offside.

Green Falcons muda, bagaimanapun, tetap tenang di bawah tekanan dan memukul Uzbekistan untuk kedua kalinya di menit ke-74 ketika pemain pengganti Turki Alammar memainkan bola terobosan yang sempurna ke Albrikan, yang tembakannya ditempatkan dengan baik menutup jalannya pertandingan saat Arab Saudi mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-0.@mpa/saudigazette

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lebih dari 147.000 Jemaah Haji Tiba di Madinah dan Hampir 50.000 Bertolak ke Mekah

Sen Jun 20 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | RIYADH: Sebanyak 147.094 jemaah haji dari berbagai negara telah tiba di Madinah hingga Sabtu waktu setempat. Para calon jemaah haji itu tiba melalui pelabuhan udara dan darat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Melansir Arab News, Kementerian Haji dan Umrah melaporkan bahwa 136.007 jemaah telah tiba di […]