Jelang Iduladha, Harga Domba Mulai Melonjak

Editor Menghadapi Hari Raya Iduladha, peternak domba bersiap-siap panen uang seiring dengan meningkatnya permintaan./visi.news/zaahwan aries.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Iduladha 1441 H/2020 M, tingkat permintaan domba di Garut mulai melonjak. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap harga jualnya yakni ada kenaikan.

Adanya peningkatan permintaan domba di Garut, diungkapkan peternak domba asal Kampung Bayubud, Kecamatan Wanaraja, Kabuapten Garut, Jawa Barat, Aripin (58).

Menurut Aripin, beberapa hari terakhir ke rumahnya sudah banyak orang yang berdatangan untuk memesan domba untuk keperluan iduladha yang tinggal sebulan lagi.

“Ya alhamdulillah dengan meningkatnya permintaan, secara otomatis berpengaruh terhadap harga. Kini harga domba sudah mulai melonjak sehingga merupakan sebuah keuntungan bagi petani domba seperti saya,” kata Aripin, Kamis (2/7).

Dikatakannya, harga domba lokal menjelang iduladha seperti sekarang ini rata-rata mencapai Rp 3 juta hingga Rp 3,5 juta per ekor. Dibanding hari-hari biasa, harga tersebut mengalami kenaikan yang cukup tinggi karena biasanya hanya Rp 1,5 juta higga Rp 2 juta.

Ariprin menerangkan, untuk menghadapi Iduladha tahun ini, dirinya telah menyiapkan 7 ekor domba yang siap dijual. Harga domba yang ditawarkan bisa berbeda-beda setiap ekornya karena bergantung pada bobot dagingnya.

“Harga tiap-tiap domba tentu akan berbeda karena dilihat dari bobotnya. Lebih berat bobotnya, tentu harganya pun akan lebih mahal karena sudah pasti daging yang dihasilkannya akan lebih banyak,” ujarnya.

Menurut Aripin, selain menjual domba untuk kebutuhan kurban pada Hari Raya Iduladha, dirinya pun selama ini sering menjual domba untuk kebutuhan akikah. Hanya saja, harga domba untuk kebutuhan akikah biasanya masih di bawah harga untuk kebutuhan kurban Iduladha.

Disebutkannya, dirinya biasa memasarkan dombanya di pasar domba Wanaraja dengan harga pasaran. Pasar domba Wanaraja sendiri berlokasi di Jalan Talagabodas dan biasa beroperasi 2 kali dalam seminggu.@zhr

Baca Juga :  Baxter Meluncurkan Kampanye "Know Your Score" Pentingnya Deteksi Dini untuk Mengatasi Beban Penyakit Ginjal

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Lebih 25 Bayi Lahir dari Wanita Terinfeksi Covid-19 di Madinah

Kam Jul 2 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Lebih dari 25 bayi lahir dari wanita yang terinfeksi coronavirus (Covid-19) di Madinah, demikian dikemukakan Direktorat Jenderal Urusan Kesehatan di wilayah Madinah. Jumlah ini, dilansir dari saudigazette.co.sa, Jumat (3/7/2020), termasuk beberapa kelahiran prematur sebelum menyelesaikan kehamilan 9 bulan, kata direktorat dalam sebuah pernyataan pada Kamis. Tim medis […]