Jelang Keberangkatan Jemaah Haji, Kemenag Sepakati Bimsik Haji Dipersingkat

Editor Konsolidasi Pemantapan Petugas Haji Tahun 2022 di Depok Jawa Barat. Kamis (28/4/2022)./via kemenag.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | DEPOK – Keberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang I ke Tanah Suci direncanakan akan dimulai pada 4 Juni 2022. Sehari sebelumnya jemaah sudah mulai masuk asrama haji pada 3 Juni 2022 mendatang.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan, untuk pelaksanaan manasik haji, tidak lagi dilaksanakan sebanyak 10 kali dengan rincian delapan kali di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dan dua kali di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, tetapi akan dipersingkat menjadi 6 kali dengan rincian 4 kali di KUA dan 2 kali di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota mengingat waktu yang semakin mendesak.

“Pembekalan untuk jemaah, kita sudah sepakat manasik akan lebih singkat tidak seperti biasanya 10 kali dengan rician 8 kali di KUA dan 2 Kali di Kantor Kemenag, kemarin kita sudah sepakati 6 kali dengan rincian 4 kali di KUA dan 2 kali di Kantor Kemenag,” kata Hilman saat Konsolidasi Pemantapan Petugas Haji Tahun 2022 di Depok Jawa Barat. Kamis (28/4/2022), dilansir dari laman resmi Kemenag RI.

Dengan begitu, lanjut Hilman, materi akan dibuat lebih condense (lebih padat) seperti agar substansinya tetap tersampaikan kepada jemaah haji.

Ia mengakui, saat ini di beberapa daerah jemaah sudah memantau daftar nama jemaah yang berhak berangkat maupun yang masih masuk daftar tunggu, menurutnya informasi tersebut tidak valid. Dirinya berharap kejadian ini tetap dimitigasi sehingga nantinya tidak muncul berita-berita yang kurang baik.

“Kita berharap betul kita serius meyelenggarakan ibdah haji ini karena jemaah sekarang memantau nama-nama yang akan berangkat, mereka sudah tahu entah dari mana dapatnya, di berbagai daerah informasi tersebut sudah menyebar, kejadian ini akan tetap kita mitigasi agar jangan sampai menjadi bahan di daerah nanti yang muncul berita yang kurang baik itu, jadi nanti pemyampaian ke masyarakat juga lebih pas,” ujarnya. @fen

Baca Juga :  Google Doodle Tampilkan Sosok Novelis Perempuan Pertama di Indonesia

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Villarreal Siapkan Strategi Jitu, Liverpool Siaga Satu

Sel Mei 3 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS/SPANYOL– juru taktik Liverpool, Jurgen Klopp, bertekad untuk menenggelamkan tim Kapal Selam Kuning (Villarreal), pada leg kedua semifinal Liga Champions yang akan dihelat di Stadion de la Ceramica, Spanyol, Rabu (4/5/2022) dini hari WIB nanti. Klopp menegaskan, meski timnya sudah punya modal 2-0 yang diraihnya pada leg pertama, namun […]