Jelang Pilkades Serentak, Patilasan Embah Jambrong Ramai Pengunjung

Editor Patilasan Embah Mangkunagara dan Embah Jambrong yang berada di Gunung Batu, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Bandung Barat./suara.com/ferrye bangkit rizki/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KBB – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kian dekat. Para kandidat kian gencar mendekati para pemilih untuk mencari simpati dan dukungan.

Namun ternyata bukan hanya masyarakat yang jadi sasaran para calon kepada desa. Patilasan atau makam keramat pun biasanya kerap didatangi para calon kepala desa untuk meminta syariat. Dengan harapan, jalan menuju orang nomor satu di desanya menjadi kenyataan.

Salah satu tempat yang biasanya didatangi adalah Patilasan Embah Mangkunagara dan Embah Jambrong yang berada di Gunung Batu, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Bandung Barat.

“Iya biasanya pada ke sini (calo kepala desa). Tapi biasanya suka mendadak,” kata Juru Kunci Gunung Batu, Lasmana (53), seperti dilansir SuaraJabar.id yag menemuinya belum lama ini.

Namun, kata dia, yang biasanya datang ke makam keramat di Gunung Batu bukan dari Bandung Barat saja, ada juga dari daerah lain, seperti Indramayu, Sumedang, Karawang dan daerah lainnya.

Biasanya, kata dia, kebanyakan yang datang bukan sosok calon kepala desa atau calon pejabat lainnya. Namun hanya diwakili tim sukses dengan membawakan foto.

“Mereka ada yang suka nginep juga. Biasanya bukan hanya pas mau Pilkades aja. Pokoknya pas mau pemilihan gitu suka ada yang ke sini,” ujar Abah Ujang, sapaan Lasmana.

Abah Ujang menegaskan, keberadaan Patilasan Gunung Batu bukan maksud untuk menduakan Sang Maha Pencipta, sebab doa terbaik sejatinya hanyalah kepada Allah SWT. Namun kedatangan mereka ingin mencari keberkahan sebagai bentuk dari ikhtiar.

“Hanya meminta syariat, mau jadi apa keinginannya dikabulkan. Yang penting harus paham, yang memberi itu Allah, dan minta juga harus ke Allah,” imbuh Ujang.

Baca Juga :  Banjir Bandang Kembali Landa Solokanjeruk Kab. Bandung

Bukan hanya Gunung Batu, situs Mulka Payung yang berada di Kampung Curugan, RT 05/18, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, KBB juga ternyata kerap didatangi para calon kepala desa atau calon pejabat lainnya.

“Iya tempat meminta syariat. Termasuk kepala desa suka datang ke sini,” kata Abah Komar (72), Juru Kunci Situs Mulka Payung.
@fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

MAUNG BANDUNG: Teja Ajak Rekan-rekannya Tak Terlena

Sen Nov 15 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Kiper Persib, Teja Paku Alam mengajak rekan-rekannya tidak terlena dengan hasil positif pada seri kedua Liga 1 2021/2022. Kiper asal Tanah Sumatra itu berharap semua tetap fokus menatap pertandingan seri ketiga. Maug Bandung atau Pangeran Biru masih menjadi satu-satunya tim tak terkalahkan hingga pekan ke-11. […]