Jelang Tahun Baru, Cuaca di Bandung Siang Cerah Malam Berawan

Editor Meski pada Senin (25/12/2023) ini cuaca menurut prakiraan BMKG cerah berawan namun membawa payung adalah hal bijaksana karena cuaca bisa tiba-tiba berubah. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Kota Bandung dan sekitarnya diprediksi mengalami cuaca beragam pada Minggu (31/12/2023) siang dan malam menjelang pergantian tahun. Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)¹, wilayah Bandung Raya pada siang hari umumnya cerah berawan hingga berawan, dengan suhu udara berkisar antara 21-30 derajat Celsius dan kelembapan udara antara 75-95 persen.

Namun, pada sore hingga malam hari, cuaca berubah menjadi berawan hingga berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Suhu udara menurun menjadi 19-29 derajat Celsius dan kelembapan udara meningkat menjadi 80-100 persen. Angin bertiup dari arah timur dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, mengatakan bahwa kondisi cuaca tersebut dipengaruhi oleh adanya pertemuan massa udara basah dari Samudera Hindia dan massa udara kering dari Benua Asia. “Pertemuan massa udara ini menyebabkan terjadinya konvergensi dan pembentukan awan hujan di wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung Raya,” ujarnya.

Teguh menambahkan bahwa cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan petir dapat terjadi di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Sumedang, dan Garut. Ia mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap dampak cuaca buruk, seperti banjir, tanah longsor, genangan, dan pohon tumbang. “Kami juga mengingatkan masyarakat untuk tidak beraktivitas di luar ruangan saat terjadi petir dan angin kencang,” katanya.

Sementara itu, warga Bandung yang hendak merayakan pergantian tahun di luar rumah diminta untuk memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Selain menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, warga juga harus menghindari kerumunan dan tempat yang tidak berventilasi baik. “Kami berharap warga Bandung dapat menyambut tahun baru dengan aman dan sehat,” ucap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna.

Baca Juga :  Mahfud MD: Demokrat KLB Jadi Masalah Bila Didaftarkan ke Kemenkumham

Meski cuaca tidak mendukung, sejumlah tempat wisata dan hiburan di Bandung tetap menyediakan fasilitas dan acara untuk menyemarakkan malam tahun baru. Salah satunya adalah Trans Studio Bandung, yang menawarkan paket spesial berisi tiket masuk, makan malam, dan kembang api. “Kami sudah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat dan membatasi jumlah pengunjung. Kami berharap pengunjung dapat menikmati malam tahun baru dengan nyaman dan menyenangkan,” ujar Manajer Trans Studio Bandung, Rizky Fadillah

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bambang Harymurti Ragukan Pilpres 2024 akan Jujur

Ming Des 31 , 2023
Silahkan bagikan Lebih dari 80 persen pemilih pada Pemilu 2024 ini tinggal di daerah yang dipimpin pejabat yang ditunjuk presiden.#aminkanindonesia VISI.NEWS | JAKARTA – Mantan Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Bambang Harymurti meragukan Pilpres 2024 ini akan berlangsung dengan jujur dan adil. Karena sejak awal terlihat ada desain agar kontestasi dalam […]