Jelang Tahun Baru, Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang Pangandaran, BMKG Warning Ini

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | PANGANDARAN – Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Kamis (31/12/2023) sekitar pukul 11.52 WIB. BMKG memastikan gempa tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Infomasi gempa tersebut diunggah di akun media sosial X (Twitter) @infobmkg pada Kamis.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, titik gempa berada di 8.22 LS (Lintang Selatan), 107.87 BT (Bujur Timur). “Gempa bumi berada di Garut, 90 km Barat Daya dari Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dengan kedalaman 10 km,” ujar Daryono.

Daerah yang merasakan gempa Berdasarkan catatan BMKG hingga pukul 12.47 WIB, getaran gempa dirasakan di sejumlah wilayah di sekitar Pangandaran. Gempa bumi dirasakan di daerah Garut, Pangalengan dengan skala II-III MMI. Sementara itu, di daerah Banjar, Cianjur, Tasikmalaya merasakakan gempa bumi Pangandaran dengan skala II MMI. Kemudian skala II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Imbauan untuk masyarakat Daryono mengimbau supaya masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh terkait isu gempa Bumi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, ia juga meminta masyarakat agar menghindari bangunan-bangunan retak atau bangunan yang rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan pula bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tutur Daryono.

@mpa

Baca Juga :  Sambangi Parpol, Kapolresta Bandung Inginkan Pilkada Aman dan Nyaman

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prajurit TNI Keroyok Relawan Ganjar-Mahfud, Ini Penjelasan Kodam Diponegoro

Ming Des 31 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BOYOLALI – Sebuah insiden penganiayaan terjadi di depan Markas Kompi B Yonif Raider 408/Sbh, Jalan Perintis Kemerdekaan, Boyolali, pada Selasa (28/12/2023) siang. Dua orang relawan pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Ma’ruf Amin, yang sedang berkendara menggunakan sepeda motor berknalpot brong, dikeroyok oleh sejumlah prajurit TNI […]