Jemaah Harus Isi Buku Tamu, Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Kembali Gelar Salat Jumat

Petugas PMI Jakarta Utara melakukan penyemprotan disinfektan di area Masjid JIC, Selasa (24/3)./istimewa/via republika.co.id.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) Jakarta Utara akan kembali menggelar salat jumat pada masa PSBB transisi mulai Jumat (16/10) besok. Dalam pelaksanaan solat jumat ini, Masjid Raya JIC akan menerapkan aturan secara ketat.

Kepala Sekretariat PPPIJ Jakarta Islamic Centre Ahmad Juhandi mengatakan, Masjid Raya JIC akan melaksanakan pencatatan jemaah secara manual dengan buku tamu dalam pelaksanaan salat jumat tersebut. Namun, nantinya masih akan dievalusi untuk menentukan mekanisme yang paling baik dalam pencatatan jemaah ini.

Ahmad berharap, semua elemen masyarakat bisa berperan juga dalam pencegahan penyebaran Covid-19, termasuk para jemaah Masjid Raya JIC dengan mengisi buku tamu kehadiran di Masjid Raya JIC dengan alamat yang lengkap dan data yang benar.

“Jika terjadi sesuatu terhadap jemaah maka akan mudah melaksanakan penelusuran terhadap jemaah tersebut,” ujar Ahmad dalam siaran pers, Kamis (15/10/2020). seperti dilansir Republika.

Sementara itu, Kepala Sub Divisi Dakwah PPPIJ Jakarta Islamic Centre Ma’arif Fuadi menjelaskan, sejumlah peraturan untuk jemaah akan dilakukan. Peraturan tersebut mengacu kepada Keputusan Gubernur Nomor 1020 Tahun 2020 tentang Pemberlakuan PSBB Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif, dan juga sejumlah peraturan lainnya.

Menurut Maarif, untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama masa transisi, Masjid Raya JIC akan dibuka untuk kegiatan peribadatan dengan kapasitas 50 persen, menerapkan protokol kesehatan, dan melakukan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh jemaah dan pengunjung.

Masjid Raya JIC juga memberitahukan kepada setiap jemaah untuk membawa sendiri perlengkapan ibadah, melakukan pembatasan interaksi fisik dengan rentang jarak paling sedikit satu meter antar jemaah, dan selalu membersihkan masjid dan lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, tambah dia, Masjid Raya JIC juga melakukan desinfeksi pada lantai, dinding, dan perangkat bangunan tempat ibadah sebelum dan sesudah kegiatan ibadah, melaksanakan pencatatan jemaah di buku tamu atau dengan sistem teknologi, serta mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh organisasi keagamaan. @fen
 

Fendy Sy Citrawarga

One thought on “Jemaah Harus Isi Buku Tamu, Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Kembali Gelar Salat Jumat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Positif Covid-19, Rossi Bakal Absen di MotoGP Aragon 2020

Jum Okt 16 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Pembalap Yamaha Valentino Rossi positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Ia akan absen dari MotoGP Aragon yang akan digelar akhir pekan ini. “Sayangnya, pagi ini saya bangun dan merasa tidak enak. Tulang-tulang saya pegal dan saya sedikit deman. Jadi saya segera memanggil dokter yang telah mengetes saya dua […]