Jemaah Umrah Membludak di Awal Ramadan 1445 Hijriah

Editor Jemaah umrah yang melaksanakan tarawih sampai luber ke jalan sekitar Masjidil Haram akibat membludaknya jemaah yang melaksanakan umrah pada Ramadan 1445 Hijriah. /visi.news/asep ikhsan/dok
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MEKKAH – Di awal Ramadan tahun ini, jumlah jemaah umrah yang berbondong-bondong ke Tanah Suci meningkat secara signifikan. Pendaftar dari seluruh dunia telah mencapai lebih dari 800 ribu orang. Kondisi ini menunjukkan antusiasme yang besar dari umat Islam untuk melaksanakan ibadah umrah di bulan yang suci.

Salat Tarawih di Masjidil Haram

Salat Tarawih di Masjidil Haram telah mengalami situasi yang luar biasa padat. Pada malam pertama Tarawih, jemaah tidak hanya memenuhi masjid tetapi juga meluber hingga ke jalanan sekitarnya. Ini merupakan manifestasi dari keinginan kuat para jemaah untuk mendapatkan keberkahan di bulan Ramadan.

“Situasinya luar biasa padat, jemaah umrah yang melaksanakan salat Tarawih sampai meluber ke jalan-jalan di sekitar Masjidil Haram,” ungkap H. Asep Ikhsan, Rabu (13/3/2024) pagi.

Politisi Partai Demokrat peraih suara tertinggi calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Bandung dari daerah pemilihan (dapil) 6 itu, tengah melaksanakan umrah bersama rombongan dari perusahaan travel haji dan umrah milik istrinya PT. Wirakarya Chandra Mandiri (WCM).

Kementerian Agama Arab Saudi telah mengambil langkah-langkah untuk mengatur aliran jemaah dan memastikan bahwa ibadah dapat dilaksanakan dengan lancar dan aman. Meskipun demikian, kepadatan jemaah tetap menjadi tantangan, terutama saat memasuki dan keluar dari Masjidil Haram.

Di Mesjid Nabawi

Situasi di Masjid Nabawi pada awal Ramadan 1445 Hijriah juga terlihat sangat semarak. Menyambut bulan suci Ramadan, Masjid Nabawi di Madinah telah menyiapkan lebih dari 8,5 juta hidangan kurban dan 2,5 juta air Zamzam untuk para jamaah.

Sebanyak 18.000 wadah air Zamzam juga disediakan untuk memenuhi kebutuhan para jamaah yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Baca Juga :  Dokter Jelaskan Tidak Benar Hepatitis Akut Berhubungan dengan Vaksin Covid-19

Pemerintah telah menetapkan awal Ramadan 1445 H pada Selasa, 12 Maret 2024, dan dengan dimulainya bulan Ramadan, suasana di Masjid Nabawi menjadi lebih khidmat dengan kegiatan ibadah yang intensif. Para jamaah berbondong-bondong untuk melaksanakan ibadah di masjid ini, mencari keberkahan di bulan yang penuh rahmat ini.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Awal Ramadan Jemaah Umrah di Mekkah Membludak, Sebelum Berangkat ke Tanah Suci Perhatikan Hal Ini

Rab Mar 13 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MEKKAH – Umat muslim yang menjalankan ibadah umrah pada bulan Ramadan 1445 Hijriah ini membludak. Pada awal bulan Ramadan saja diperkirakan ada 800 ribu lebih jemaah dari berbagai negara di dunia sekarang ini sedang melaksanakan ibadah umrah. Ledakan jumlah jemaah umrah akan mencapai puncaknya menjelang malam Nuzulul […]