Joe Biden Sebut Medsos Telah “Membunuh” Orang dengan Sebaran Hoaks Covid-19

Editor Joe Biden sebut medsos telah "membunuh" orang dengan sebaran hoaks COVID-19./via antara/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan media sosial seperti Facebook “membunuh orang-orang” karena mengizinkan misinformasi soal virus corona beredar.

“Mereka membunuh orang-orang. Lihatlah, satu-satunya pandemi yang kita alami berada di orang-orang yang tidak divaksin. Mereka membunuh orang-orang,” kata Biden di Gedung Putih, menjawab pertanyaan tentang misinformasi, dikutip Antara dari Reuters, Sabtu (17/7/2021).

Hoaks tentang Covid-19 sering ditemukan di media sosial antara lain Facebook, Twitter, dan YouTube. Peneliti dan pengambil kebijakan berulang kali menuduh Facebook gagal mengatur konten berbahaya yang beredar.

Facebook menyatakan mereka sudah memiliki aturan soal klaim yang salah tentang vaksin dan Covid-19 dan sudah memberikan informasi yang terpercaya untuk topik tersebut.

“Kami tidak akan terdistraksi oleh tuduhan yang tidak didukung fakta,” kata juru bicara Facebook Kevin McAlister.

“Faktanya, lebih dari 2 miliar orang menonton informasi resmi tentang Covid-19 dan vaksin di Facebook, lebih banyak dibandingkan tempat lainnya di internet,” kata McAlister.

“Lebih dari 3,3 juta orang Amerika juka menggunakan perangkat untuk menemukan di mana dan bagaimana cara mendapatkan vaksin. Faktanya menunjukkan Facebook membantu menyelamatkan nyawa. Titik,” kata dia.

Twitter dan YouTube tidak memberikan komentar atas isu ini.

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki juga mengkritik Facebook.

“Tentu, ada langkah yang sudah mereka ambil. Mereka perusahaan swasta. Ada langkah-langkah tambahan yang bisa mereka ambil. Jelas bahwa ada lebih banyak yang bisa diambil,” kata Psaki.

Psaki menyatakan ada 12 orang yang bertanggung jawab terhadap lebih dari 65 hoaks tentang vaksin yang beredar di media sosial, mengutip data dari Center for Countering Digital Hate pada Mei lalu. Facebook meragukan metode penelitian tersebut. @fen

Baca Juga :  Bapenda Kab. Bandung dan RSUD Majalaya Raih Penghargaan dari KPKNL

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SEHAT: 5 'Bahaya' Makan Jelang Waktu Tidur

Ming Jul 18 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Tidak sedikit orang yang mendadak lapar ketika akan beranjak ke tempat tidur. Hal itu mungkin terjadi jika seseorang melewatkan makan malam, atau tidur terlalu larut sehingga timbul rasa lapar. Rasa lapar sebelum tidur juga mungkin terjadi karena terbiasa. Orang yang terbiasa makan sebelum tidur akan cenderung akan […]