Jurnalis Wanita Arab Paling Banyak Alami Kekerasan Virtual.

Editor Pengunjuk rasa perempuan Palestina mengambil posisi di dekat permukiman Yahudi, Bet El, Tepi Barat, Palestina, Sabtu (10/10)./reuters/mohamad torokman/via republika.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Studi yang dilakukan UNESCO oleh International Center for Journalists (ICFJ) menemukan jurnalis wanita Arab, pribumi, dan beragama Yahudi secara tidak proporsional menjadi sasaran kekerasan melalui media sosial. Tren kekerasan online yang ditemukan, antara lain, doxing, Islamofobia, dan kebencian terhadap perempuan, hingga ancaman pembunuhan terhadap jurnalis perempuan.

“Wartawan wanita kulit hitam, pribumi, Yahudi, Arab, dan lesbian yang berpartisipasi dalam survei dan wawancara kami mengalami tingkat tertinggi dan dampak paling parah dari kekerasan online,” tulis laporan itu yang dikutip Republika.co.id dari Al Araby, Sabtu (29/5/2021). 

Survei ini menunjukkan 73 persen jurnalis perempuan mengalami kekerasan online, 25 persen perempuan mengalami ancaman pembunuhan, 18 persen mengalami kekerasan seksual. Selain itu, hampir setengah dari wanita yang disurvei mengalami pelecehan melalui pesan pribadi (48 persen), 14 persen pernah diretas, dan banyak orang terdekat mereka yang diancam dengan kekerasan.

Kekerasan online terhadap jurnalis perempuan berujung dari serangan berskala besar atau ancaman ekstrem yang terisolasi, hingga pembakaran yang lambat dari jaringan gaslighting, yang melibatkan pelecehan tingkat rendah tanpa henti. Jurnalis Lebanon Ghada Oueiss, presenter bahasa Arab Aljazirah, mengungkapkan dia telah menjadi target kekerasan online.

“(Setiap hari saya mengudara), saya akan menerima e-mail Aljazirah saya, dan entah karena entah bagaimana e-mail itu bocor, dan ancaman kematian yang justru saya terima,” katanya seperti dikutip dalam laporan itu. @fen

Baca Juga :  Rumahnya Mau Dieksekusi untuk Tol Cisumdawu, Ny. Entat, "Pokona Abdi mah Nyuhunkeun Keadilan we"

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

LIGA CHAMPIONS 2020/2021: Chelsea Jawara!

Ming Mei 30 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Gol tunggal yang dicetak Kai Havertz mengantarkan Chelsea menjuarai Liga Champions 2020/2021 seusai mengalahkan Manchester City 1-0 dalam partai final di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Sabtu waktu setempat, Minggu (30/5/2021) WIB. Gol itu dicetak Havertz tiga menit jelang turun minum dan mampu dipertahankan hingga bubaran demi menambah […]