Jurusan Administrasi Publik UIN Sunan Gunung Djati Bandung Raih Penghargaan Inklusi Perpajakan Kemenkeu RI

Editor UIN Sunan Gunung Djati Bandung menerima penghargaan inklusi kesadaran pajak dari Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jendral Pajak./visi.news/istimewa. 
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Jawa Barat yang menerima penghargaan inklusi kesadaran pajak dari Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jendral Pajak.

Penghargaan Inklusi Kesadaran Pajak ini disampaikan pada kegiatan “Pajak Bertutur Tahun 2021” yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia secara virtual dan disiarkan langsung lewat akun Youtube Ditjen Pajak RI, Rabu (25/8/2021).

Kegiatan ini dihadiri serentak oleh  DJP perwakilan, relawan pajak dan pengurus tax center pada perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Turut hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan pejabat esalon 1 & II dari kementerian-kementerian yang bekerja sama dalam program inklusi perpajakan, seperti kementerian agama, kementerian pertahanan, kementerian komunikasi dan informasi, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani,  menekankan pentingnya inklusi kesadaran pajak.

“Bagi generasi muda, bahkan perlu ditanamkan sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi, hal tersebutlah yang mendasari tema kegiatan  Pajak Bertutur Tahun 2021  yakni Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara,” ujar Sri Mulyani dalam keterangan tertulis yang diterima VISI.NEWS, Kamis (26/8/2021)

Menurut Sri Mulyani, sumber pembiayaan negara saat ini berkisar 70-80% dari penghasilan pajak, maka kesadaran wajib pajak untuk ikut serta membangun negara kesatuan republik Indonesia, perlu ditingkatkan sebagai perwujudan dari Bela Negara.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, menyampaikan kementeriannya telah menyosisalisaskan kesadaran pajak kepada perguruan tinggi negeri dan swasta untuk melakukan inklusi kesadaran pajak melalui internalisasi pada muatan-muatan mata kuliah wajib universitas.

“Termasuk mendukung program inklusi kesadaran pajak untuk ditanamkan sejak bangku sekolah dasar, agar generasi ke depan dapat memiliki kesadaran pajak yang baik,” tandasnya.

Baca Juga :  Update Corona 6 Juni: 30.514 Positif, 9.907 Sembuh

Kegiatan ini dilanjutkan pada sesi dialog dan sharing relawan pajak yang dilakukan di setiap wilayah Direktorat Jendral Pajak tingkat Provinsi, sekaligus untuk di DJP Wilayah 1, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada UIN Sunan Gunung Djati Bandung karena telah mendukung inklusi kesadaran pajak melalui Jurusan Administrasi Publik. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Lima Poin Pokok Pembicaraan Jokowi Bersama 7 Ketum Parpol Koalisi

Kam Agu 26 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G Plate menjelaskan Presiden Joko Widodo(Jokowi) mengundang para ketua umum partai koalisi serta para sekjen. Dalam pertemuan tersebut dihadiri 7 ketua umum dan 7 sekretaris jendral, di antaranya yaitu dari Ketua Umum PDIP yaitu Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Nasdem yaitu Surya […]