Kab Bandung Berduka, Dadang Rusdiana Berpulang ke Rahmatullah

Editor Almarhum H. Dadang Rusdiana (Kang Darus). /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS — Akibat mengalami serangan jantung, pengagum Presiden Sukarno dan Jenderal (Purn) Wiranto, H. Dadang Rusdiana (Kang Darus), berpulang ke rahmatullah. Kang Darus kini tinggal kenangan. Almarhum menghembuskan napas terahirnya pada Minggu (4/4/2021). Rencana jasadnya almarhum akan dimakamkan di kampung halamannya Arjadari Kabupaten Bandung.

Kang Darus kelahiran 13 Februari 2021 silam itu, terjun di dunia politik sejak usia 20 tahun, dan menjabat Ketua Sub Rayon Angkatan Muda Siliwangi (AMS) tahun 1987. Dua tahun kemudian menjadi Bakomcam Golkar Kecamatan Arjasari.

Tahun 1992, Kang Darus masuk di kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Bandung, himgga ahirnya di tahun 2001 menjadi Ketua DPD KNPI Kabupaten Bandung. Sementara di tahun 1999 pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Bandung selama dua periode.

Kang Darus di tahun 2010 pernah menjadi calon Wakil Bupati Bandung diusung PKS dan PBB. Walaupun hanya diusung oleh 2 partai kecil (7 kursi), masuk ke putaran ke 2. Di putaran ke 2 kalah setelah melalui proses persidangan di MK. Hingga kemudian di tahun 2013 ditawari masuk Hanura oleh Berliana Kartakusumah. Dan, pada Tahun 2014 terpilih menjadi anggota DPR RI.

Sebelumnya Kang Darus pernah mempunyai pengalaman sebagai Guru Honorer (1987-1998), dan di tahun 2008 menjadi Dosen di Universitas Nurtanio. Di setiap kunjungan, Kang Darus lebih merasa senang melakukan perbincangan dengan guru-guru, mendengarkan keluh kesahnya, kemudian memberikan motivasi untuk tetap berjuang dalam mencerdaskan bangsa.

Almarhum mengidolakan Proklamator Soekarno. Almarhum pernah mengatakan, kalau Bunga Karno memiliki kharisma dalam mempersatukan bangsa ini. Beliau seorang ahli strategi, seorang solidarity maker, seorang yang lebih mementingkan kepentingan bangsa dan negara. Beliau tidak pernah berfikir tentang dirinya.

Baca Juga :  RUMAH ALLAH: Masjid Ibrahim di Lembang Beri Ruang Perempuan Salat Jumat

Begitu pula sosok pendiri Partai Hanura Wiranto. Disebutkan almarhum, Wiranto selalu berbicara dan bertindak demi bangsa dan negara. Setiap memberikan arahan  Wiranto ini selalu menekankan semangat pengabdian pada bangsa dan negara. “Beliau tidak pernah berbicara tentang kepentingaan partai atau golongan,” ungkap Darus semasa hidupnya.

Kini Kabupaten Bandung telah kehilangan putera daerah terbaiknya, Tokoh Politik, Guru, Dosen, Penceramah terbaik itu telah tiada. Selamat jalan sahabat. Semoga dirimu ada dalam limpahan Rakhmat-Nya dan Sang Maha Kuasa senantiasa memberikan yang terbaik untukmu. @ki agus n. fattah

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua DPC PDI Perjuangan: Kang Darus Sosok yang Dekat dengan Guru, dan Patut Diteladani

Ming Apr 4 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS — Melakukan perbincangan dengan para guru, serta memotivasi untuk tetap semangat dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat, merupakan bagian dari pemanfaatan kinerja, almarhum H. Dadang Rusdiana (Kang Darus), saat berkunjung ke setiap pelosok. Namun sosok tersebut, sekarang hanya tinggal kenangan indah termasuk perjuangannya selama ini dalam memperhatikan nasib […]