Kabupaten Garut Segera Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Editor :
Asisten Pemerintahan Umum dan Kesra Setda Kabupaten Garut, Nurdin Yana./visi.news/istimewa.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Vaksinasi di Kabupaten Garut, JawaBarat, akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Garut melaksanakan rapat bersama jajaran SKPD beserta perwakilan dari TNI dan Polri, Rabu (27/1/2021).

Rapat tersebut dipimpin Asisten Pemerintahan Umum dan Kesra Setda Kabupaten Garut, Nurdin Yana.

Menurut Nurdin Yana, sebelum dilakukan vaksinisasi terhadap masyrakat umum, rencananya akan dilakukan kick-off terlebih dahulu, yakni terhadap unsur-unsur pimpinan daerah seperti Bupati, Wakil Bupati, para Kepala Dinas, SKPD, termasuk influencer, dan selebgram.

Lebih lanjut Nurdin Yana menjelaskan, pelaksanaan kick-off vaksinasi akan dilakukan paling lambat Sabtu (30/1/2021).

Untuk Kabupaten Garut diperkirakan minggu depan, tergantung entry data. Sebab ada 550 kabupaten/kota yang sama tengah melakukan hal yang sama entry-data, tegas Nurdin.

Dikatakan Nurdin, kegiatan vaksinasi tersebut terkait dengan Standar Operating Procedure (SOP), yaitu setiap orang yang akan melaksanakan vaksinisasi harus melakukan pendaptaran atau input sistem dengan menggunakan KTP dan nomer ponsel. Setelah itu selama dua hari baru muncul e-ticket sebagai tiket untuk divaksin.

Di sisi lain, menurut Nurdin, persiapan kegiatan vaksinisasi masih belum ideal. Hal itu karena kurangnya tenaga kesehatan yang sudah terlatih. Idealnya ada 4 orang untuk ditempatkan di 80 wilayah/kecamatan sehingga tenaga yang dibutuhkan sekitar 320 orang.

Diakui Nurdin, pihaknya sudah melakukan persiapan pelaksanaan dengan mekanisme pendistribusian, alokasi pendistribusian vaksin, kemudian kesiapan nakes (tenaga kesehatan). Walaupun tenaga kesehatan yang sudah siap baru ada 81 orang.

Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Garut sudah menyiapkan tempat pelaksanaan vaksinisasi Covid-19 di 67 puskesmas, 6 rumah sakit, dan 26 klinik. Dengan sasaran puskesmas 3.963 sasaran, rumah sakit 2.652 sasaran, dan klinik 963 sasaran.

Selain itu Dinas Kesehatan Kabupaten Garut juga sudah menyiapkan sarana penyimpanan vaksin, terdiri dari 80 refrigator dan 100 vaccine carrier serta12.200 single dose
vaksin Covid-19 beserta alat penunjang lainnya seperti APD (alat pelindung diri), jelas Nurdin Yana. @yat

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gubernur Jawa Barat Resmikan Smart Green House

Rab Jan 27 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meresmikan Smart Green House atau Sistem Pertanian Infus menggunakan teknologi. Acara peresmian tersebut berlangsung di Kebun Wanaraja, Kecamatan Wanaraja, Garut, Jawa Barat, Rabu (27/1/2021). Dalam sambutannya Gubernur Jabar mengatakan, di masa depan pertanian tidak lagi konvensional. Akan tetapi, menggunakan teknologi yang bisa […]