Kadis PUTR Wajibkan Pengusaha Lokal di Kabupaten Bandung untuk Penyedia Barang dan Jasa

Editor Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bandung Zeis Zultaqwa. /visi.news/gustav viktorizal
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung mewajibkan penyedia pengadaan barang dan jasa melalui penunjukan langsung (PL), harus merupakan pengusaha atau kontraktor yang kantornya beralamat di Kabupaten Bandung.

Kepala DPUTR Kabupaten Bandung Zeis Zultaqawa menjelaskan hal ini dilakukan agar Pemkab Bandung agar bisa lebih memberdayakan para pengusaha atau kontraktor lokal. Selain dinilai juga dari kapasitas dan kemampuan penyedia untuk melaksanakan pengadaan tersebut atau berdasarkan pengalaman di bidang sejenisnya, agar kualitas pekerjaan tetap diutamakan.

“Tentu saat ini kami mewajibkan penyedia pengadaan langsung paket dari DPUTR itu, salah satu syaratnya alamat kantor perusahaannya harus berdomisili di Kabupaten Bandung. Tujuannya untuk bisa lebih memberdayakan para pengusaha lokal atau asosiasi kontraktor yang ada di Kabupaten Bandung,” kata Zeis kepada wartawan, di Soreang, baru-baru ini.

Meski demikian, imbuh Zeis, pengadaan penunjukan langsung ini tetap berdasar peraturan perundangan yang berlaku, antara lain Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (“Perpres 12/2021”).

Zeis mengakui, dirinya selaku Kepala Dinas Pembangunan Umum dan Tata Ruang atau pejabat pengadaan yang berwenang dalam memilih penyedia, dengan disertai negosiasi secara teknis maupun harga.

“Tentu kami juga berkonsultasi dengan Bapak Bupati Bandung terkait hal ini, sebagai bukti keberpihakan Pak Bupati atas nasib pengusaha atau kontraktor lokal di Kabupaten Bandung,” bebernya.

Bahkan tak hanya itu imbuh Zeis, pihaknya pun tidak anti terhadap pengusaha luar yang ingin mendorong pembangunan daerah, yang ikut tender proyek-proyek besar.

“Hal itu untuk bisa bekerjasama dengan kontraktor lokal sebagai sub kontraktor,” pungkasnya.@gvr

Baca Juga :  Prakiraan BMKG, Cuaca Bandung Hari ini Berubah-ubah

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Fitriya Nekad Kirim Kue yang Diduga Berisi Sabu ke Lapas Pemuda Madiun

Rab Apr 19 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MADIUN – Seorang warga Krembangan Surabaya, Fitriya, nekat mengirim kue diduga berisi narkoba jenis sabu ke Lapas Pemuda Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim Selasa (18/ 4/2023). Aksinya digagalkan petugas lapas yang dipimpin Ardian Nova Christiawan itu. “Awalnya saat di registrasi, ngakunya mau ngirim kue atau jajanan lebaran untuk […]