KAI Tegaskan Tiket Kereta Jarak Jauh Tak Dijual Online

Dirut PT KAI Didiek Hartantyo menegaskan pihaknya tak menjual tiket kereta jarak jauh via online, baik melalui situs resmi maupun agen perjalanan./antara/septianda perdana.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menegaskan bahwa pihaknya tak menjual tiket kereta jarak jauh via online, baik melalui situs resmi PT KAI maupun agen perjalanan. 

Sebab, ada sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi penumpang sebelum dapat membeli tiket perjalanan.

Layanan jarak jauh sendiri nantinya akan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) yang hanya dikhususkan bagi penumpang dengan kriteria dan kebutuhan tertentu, yakni kepentingan perjalanan dinas, bisnis, dan repatriasi. 

“Untuk kereta KLB ini kami menutup untuk penjualan online,” ujarnya dalam dialog Respons Covid-19, Kamis (21/5), seperti dilansir CNN Indonesia. 

Karena itu, untuk bisa menggunakan layanan tersebut, masyarakat harus memiliki kelengkapan administrasi berupa KTP, laporan perjalanan, serta surat dari instansi berwenang.

Selain itu, penumpang juga wajib menunjukkan surat bebas Covid-19 berdasarkan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) atau rapid test.

Jika calon penumpang tak memenuhi ketentuan adminstratif tersebut, Didiek memastikan bahwa pembelian tiket tak dapat dilakukan di stasiun keberangkatan.

“Surat dinas harus disertai dengan surat keterangan sehat dari instansi yang berwenang,” ujarnya.

Didiek juga memastikan bahwa PT KAI akan melakukan pengecekan berlapis terkait persyaratan perjalanan kepada para penumpang.

Di stasiun keberangkatan, telah bersiaga petugas gabungan yang terdiri dari karyawan PT KAI, Dinas Perhubungan, gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di pusat maupun daerah serta Dinas Kesehatan setempat.

“Kalau tidak ada yang bersangkutan tidak bisa membeli tiket,” ucap dia. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Update Corona 21 Mei: 20.162 Positif, 4.838 Sembuh

Kam Mei 21 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia per Kamis (21/5) mencapai 20.162 kasus. Dari jumlah itu, 4.838 orang dinyatakan sembuh, dan 1.278 orang lainnya meninggal. “Kasus positif corona hari ini meningkat 973 orang ,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Kamis (21/5), seperti dilansir CNN Indonesia. Pasien sembuh hari ini tercatat […]