Kang Emil: Sungai Citarum Sudah Bisa Dipakai Budidaya Ikan Tawar

Editor Gubernur Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Sungai Citrus sudah bisa dipakai budidaya ikan tawar, Rabu (3/11/2021). /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyatakan  bahwa Sungai Citarum ditegaskan sudah bisa dipergunakan untuk membudidaya ikan air tawar.

Demikian dikatakan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil atau Kang Emil dalam siaran persnya, Rabu (3/11/2021). Selain sudah dapat dipergunakan untuk budidaya ikan air tawar, sungai tersebut juga sudah bisa dipergunakan untuk mengairi tanaman karena mutu air sungai tersebut sudah membaik.

“Sungai Citarum saat ini sudah bisa dipergunakan masyarakat, karena tingkat pencemarannya sudah turun, sehingga dipakai budidaya ikan air tawar dan mengairi tanaman pun sudah tidak masalah,” katanya.

Kang Emil menjelaskan, target awal program pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum adalah menurunkan tingkat pencemaran menjadi cemar sedang namun sekarang air sungai itu sudah tergolong tercemar ringan.
Sehingga hasil pengukuran kualitas air per tahun 2018 menunjukkan, Sungai Citarum dalam kondisi tercemar berat dengan Indeks Kualitas Air (IKA) 33,43 poin.

“Kualitas air Sungai Citarum sejak tahun 2020 terus membaik berkat berbagai upaya pemulihan yang dijalankan dan kini air sungai itu sudah masuk kategori cemar ringan dengan IKA 55 poin,” jelasnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, upaya untuk pemulihan DAS Citarum yang telah dilakukan antara lain penghijauan 26.231,24 hektare lahan kritis di sepanjang daerah aliran sungai, dan luas lahan kritis yang sudah dihijaukan melampaui target penghijauan tahun 2021 seluas 15.516,99 hektare.

“Pemerintah menargetkan pada tahun 2025 luas lahan yang dihijaukan kembali di sepanjang DAS Citarum mencapai 80.174,99 hektare,” pungksnya.@eko

Baca Juga :  Bela para Petani, Bupati Karawang Tolak Impor Beras

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Terimpa Pohon Tumbang Di Purwakarta Driver Ojol Alami Luka Serius

Rab Nov 3 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | PURWAKARTA – Driver ojeg online (Ojol) warga Subang terimpa pohon tumbang sekitar pukul 15.30 Wib di Jalan Raya Ciganea Kabupaten Purwakarta. Korban bernama Endik Rustandi, warga Perum Griya Pratama Asri, Kelurahan Cigadung, Kabupaten Subang. Diketahui Endik Rustandi pengendara Ojol dengan sepeda motor Honda Beat warna merah dengan […]