Kapan DOB Kabupaten Bogor Timur Dan Barat Terealisasi ? Haji Kusnadi : Begini Penjelasannya..

Editor Anggota DPRD Jawa Barat H. Kusnadi. /visi.news/eko fitriyadi. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISINEWS | BANDUNG – Meski persyaratan Daerah Otoritas Baru (DOB) pemekaran Kabuptan Bogor Timur dan Barat telah memenuhi syarat, akan tetapi hingga saat ini masih terhalang moratorium pemekaran wilayah, sehingga harapan dan kenyataannya belum juga terjawab.

Demikian dikatakan Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Haji Kusnadi, menurutnya DOB Kabupaten Bogor Timur dan Barat tersebut perlu dilakukan, mengingat wialayah Kabupaten Bogor sangat luas, dan agar pelayanan masyarakat lebih baik serta perkembangan daerahnya lebih cepat.

“Ada sejumlah alasan mengapa pemekaran wilayah sangat krusial, sebab Kabupaten Bogor sangat luas serta memiliki jumlah penduduk terbanyak di Jabar, serta guna mempercepat pembangunan,” katanya.

Kepada VISINEWS Senin (13/6/22), lanjut Haji Kusnadi, Pemkab Bogor cukup berat dalam memberikan pelayanan prima secara efektif serta menjadi beban saat melakukan pemerataan pembangunan, DOB tersebut merupakan upaya untuk menciptakan pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Wilayah Bogor Timur misalnya, menjadi satu kebutuhan demi tercapainya pelayanan pemerintah yang merata dan percepatan kesejahteraan masyarakat, dan ini sesuai dengan kondisi riil dilapangan,” ujar legislator asal dapil Kabupaten Bogor.

Sekedar informasi, rencana pembentukan DOB tersebut sudah diusulkan sejak lama, berdasarkan tim presidium yang menyampaikan aspirasi masyarakat, kemudian dilakukan kajian potensi Kabupaten Bogor dan menghasilkan layak dimekarkan.

“Pemkab Bogor bersama Presidium berkonsultasi ke Kemendagri dan diarahkan untuk melakukan kajian komperehensif mengenai penegasan batas wilayah antara Kabupaten Bogor dengan calon DOB, dan kemudian diajukan ke Pemprov Jabar,” ungkap Kusnadi.

Gubernur dengan DPRD Jabar telah menyetujui, terlebih rencana DOB tersebut masuk kedalam Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor, namun hingga saat ini masih terganjal moratorium, namun bukan tidak mungkin Kabupaten Bogor Barat dan Timur bisa mekar secara bersamaan.

Baca Juga :  Soal Partai Mahasiswa Indonesia, Mendikbud: Tidak Dilarang, Namun...

“Bupati Bogor dan DPRD bersama Pak Gubernur serta DPRD Jabar, sudah menyetujui pembentukan calon DOB, dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat guna meningkatkan pelayanan, dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Terakhir, pertanyaannya apakah moratorium akan segera dicabut dalam waktu dekat ini oleh pemerintah pusat? hal ini yang kemudian terus dikoordinasikan baik oleh Pemkab Bogor, Pemprov dan DPRD Jabar terhadap pemerintah pusat.

“Intinya adalah, kami terus berusaha agar rencana DOB Bogor Barat dan Timur ini bisa terealisasikan dengan cepat, sehingga peemerintahan Kabupaten Bogor bisa efektif dan efisien,” pungkasnya. @eko.

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Penjabat Kepala Daerah Diminta Menjaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

Sen Jun 13 , 2022
Silahkan bagikanVISINEWS |BANDUNG – Jelang tahun politik 2024, masyarakat di Indonesia termasuk Jawa Barat (Jabar) dihadapkan pada rivalitas politik yang mempengaruhi kehidupan masyarakat baik dari sisi ekonomi, social, agama, bahkan kerukunan antar tetangga. Anggota komisi I DPRD Jabar, Reynaldi megatakan, selain itu, perbedaan pilihan, kefanatikan terhadap kelompok, kepentingan sesaat dapat […]