Kasus Corona dari Klaster di Kampung Jokowi Solo Bertambah Jadi 41

Editor ilustrasi rapid test antigen./visi.news/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Jumlah warga positif virus Corona atau COVID-19 di klaster Kelurahan Sumber, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah bertambah menjadi 41 orang. Jumlah kasus di klaster Corona yang berada dalam satu kelurahan yang sama dengan rumah Presiden Joko Widodo itu bertambah 16 orang dari sebelumnya 25 orang.

Ketua Pelaksana Harian Satgas COVID-19 Solo, Ahyani, mengatakan jumlah tersebut merupakan hasil pelacakan dari kasus-kasus sebelumnya. Dari awal 7 orang sekeluarga yang terpapar COVID-19, kini jumlah berkembang hampir enam kali lipat.

“Tambahannya 16 orang. Jadi total 41 orang sekarang. Ini hasil dari tracing yang efektif. Daripada mereka lepas tidak terjaring malah ke mana-mana,” kata Ahyani saat dijumpai di Balai Kota Solo, Rabu (19/5/2021).

Tambahan 16 orang tersebut, kata dia, sudah dikirim ke Asrama Haji Donohudan karena tidak bergejala. Sementara terkait jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit, menurutnya masih berjumlah 4 orang.

“Pagi ini ditarik ke Donohudan semua. Infonya masih 4 orang yang dirawat di rumah sakit,” ujarnya.

Menurutnya, pelacakan kasus lanjutan tetap dilakukan hingga tuntas. Selain itu, pihaknya akan semakin mengetatkan pengawasan protokol kesehatan di tempat-tempat umum.

“Kita masih tracing lagi. Ya ini peringatan buat semua, kita lakukan pengetatan lagi,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, klaster Corona di kampung tersebut diduga berawal dari warga yang mengikuti buka bersama. Kemudian tujuh orang sekeluarga dinyatakan positif COVID-19.

Kondisi kampung yang padat penduduk juga diduga menyebabkan penularan semakin jauh. Sebab di kampung tersebut menggunakan fasilitas MCK komunal.

“Warga pakai MCK komunal, mereka sangat akrab, sehingga seperti keluarga, mungkin abai protokol kesehatan sehingga menyebabkan penularan,” ujar Ahyani saat dijumpai di Balai Kota Solo, Senin (17/5). @Hzul

Baca Juga :  Pencegahan Penularan Covid-19 Posko Penyekatan Larangan Mudik Diperluas, Jateng Ada 85 Titik

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jawa Tengah Kembali Bebas dari Zona Merah Corona per 9 Mei 2021, ini datanya

Kam Mei 20 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Jawa Tengah kembali lepas dari zona merah corona per 9 Mei 2021. Namun, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 harus tetap digencarkan karena banyak daerah di Jawa Tengah berstatus zona oranye yang bisa dengan mudah berubah menjadi zona merah corona. Merujuk situs Covid19.go.id, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat ada 12 […]