Keistimewaan Umrah di Bulan Ramadan

Editor Ilustrasi ibadah haji./republika.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Umrah  Ramadan merupakan salah satu amalan yang sangat utama. Pahalanya pun sangat besar dan dianjurkan Rasulullah Muhammad saw.   

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah saw. pernah bertanya kepada seorang wanita dari suku Ansar bernama Ummu Sunan. 

عن عبدالله بن عباس رضي الله عنهما قالَ  قالَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: لاِمْرَأَةٍ مِنَ الأنْصَارِ سَمَّاهَا ابنُ عَبَّاسٍ فَنَسِيتُ اسْمَهَا ما مَنَعَكِ أَنْ تَحُجِّي معنَا؟ قالَتْ: لَمْ يَكُنْ لَنَا إلَّا نَاضِحَانِ فَحَجَّ أَبُو وَلَدِهَا وَابنُهَا علَى نَاضِحٍ وَتَرَكَ لَنَا نَاضِحًا نَنْضِحُ عليه، قالَ: فَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي، فإنَّ عُمْرَةً فيه تَعْدِلُ حَجَّةً.‎

Seperti dikutip dari buku “Misteri Ramadhan” karya Muhammad bin Mubarak ath-Thawasi, setelah pulang dari pelaksanaan Haji Wada’, Rasulullah saw. bertanya, “Apa yang membuatmu tidak bisa ikut pergi haji bersama kami?

Wanita itu menjawab, “Karena suamiku memiliki dua ekor unta, satunya dia gunakan untuk pergi haji dan satunya lagi digunakan untuk mengambil air.”

Lalu, Rasulullah saw. berpesan, “Apabila bulan Ramadan tiba, maka laksanakanlah umrah, sebab pahalanya sama dengan haji.”

Dalam riwayat hadis lain menggunakan redaksi, “Sebab pahalanya sama dengan melakukan ibadah haji bersamaku.”

Berdasarkan hadis tersebut, maka sungguh besar nilai ibadah umrah  di bulan Ramadan. Alangkah beruntungnya umat Islam jika mendapatkan pahala berhaji bersama Rasulullah saw. yakni melakukan wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah dan Mina, serta melakukan tawaf dan sai bersama Rasulullah.

Bagi umat Islam yang sedang mencari ketakwaan dan hakikatnya, maka bersiaplah dan bersungguh-sungguhlah untuk menuju ke baitullah sehingga bisa mendapatkan pahala yang agung ini.

Al-Qurthubi berkata, “Besarnya pahala umrah saat Ramadan adalah karena kehormatan Ramadan dan karena kesulitan atau kelelahan akibat pelaksanaan umrah  yang dilakukan dalam keadaan berpuasa.”

Baca Juga :  "Buruan Sae" Menginspirasi Dunia Internasional di Konferensi U-20

Namun, tahun ini Pemerintah Arab Saudi masih menghentikan sementara ibadah umrah  demi menekan sebaran Covid-19. Pemerintah Arab Saudi masih menunggu hingga situasi menjadi lebih aman bagi para jemaah umrah. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Portugal Imbang 2-2 dengan Serbia, Jota Cetak Brace

Ming Mar 28 , 2021
Silahkan bagikanPesepak bola Serbia Aleksandar Mitrovic merayakan gol saat melawan Portugal dalam laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A zona Eropa di Rajko Mitic Stadium, Belgrade, Serbia, Sabtu (27/3/2021). Laga tersebut berakhir imbang 2-2./antara foto/reuters/novak djurovic/foc./ist. VISI.NEWS – Portugal hanya mampu bermain imbang 2-2 saat bertandang ke markas Serbia […]