Kemarau, 14 Kecamatan di Garut Rawan Kekeringan

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sopyan./visi.news/zaahwan
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, tengah mempersiapkan langkah-langkah guna mengantisipasi terjadinya kekeringan yang diprediksi melanda sejumlah daerah saat musim kemarau tiba.

BPBD telah menjalin koordinasi dengan sejumlah dinas/instansi lainnya untuk penanggulangan masalah kekeringan ini.

“Kita (BPBD) telah melakukan kajian terkait daerah mana saja yang rawan kekeringan saat musim kemarau,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sopyan, Kamis (23/7).

Dikatakan, dari hasil kajian yang dilakukan, Kabupaten Garut terdapat 14 kecamatan yang rawan kekeringan saat musim kemarau. Ke-14 kecamatan itu, tersebar di berbagai wilayah utara, tengah, hingga selatan Garut.

Menurut Tubagus, upaya antisipasi dan penanggulangan dilakukan tidak hanya mengandalkan peran salah satu dinas/intansi. Upaya koordinasi pun melibatkan berbagai dinas/intansi terkait, di antaranya Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Sosial (Dinsos), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Terakit koordinasi dengan Dinas PUPR, tambahnya, dilakukan saluran air maupun pemanfaatan irigasi di daerah rawan terdampak kekeringan.

Sementara Dinsos, penanggulangan dilakukan terkait dengan pemberian bantuan bagi warga yang terdampak.Juga PDAM dan Damkar kaitannya penyediaan dan pendistribusian air bersih untuk warga terdampak.

Tubagus mengungkapkan, 14 kecamatan yang rawan dilanda kekeringan, yakni Kecamatan Caringin, Bungbulang, Cibalong, Pameungpeuk, Cisompet, Banjarwangi, Cigedug, Sukaresmi, Pangatikan, Karangpawitan, Selaawi, Cibiuk, Leuwigoong, dan Banyuresmi.@zhr

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Update Corona 24 Juli: 95.418 Positif, 53.945 Sembuh, 4.665 Meninggal

Jum Jul 24 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia hingga Jumat (24/7), secara kumulatif mencapai 95.418 orang. Jumlah ini bertambah 1.761 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Melansir CNN Indonesia dari situs resmi Kementerian Kesehatan, dari jumlah kumulatif tersebut, sebanyak 53.945 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 4.665 orang meninggal. Sementara, kasus sembuh […]