Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Zulhijah 1441 Hijriah Selasa 21 Juli 2020

Editor :
Ilustrasi, Kementerian Agama (Kemenag)./istimewa/via inews.id.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Zulhijah 1441 Hijriah Selasa (21/7/2020) hari ini. Sidang akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Sidang Isbat akan digelar sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) dengan membatasi jumlah perwakilan yang hadir di Kemenag. Sejumlah ormas Islam yang diundang bisa mengikuti melalui secara daring.

“Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta Komisi VIII DPR,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Kemenag, Agus Salim, di Jakarta, Jumat (17/7).

Selain itu, peliputan juga akan dibatasi. “Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk live streaming,” ucapnya.

Dia menyampaikan, sidang isbat terbagi dalam 3 sesi. Sesi pertama, dimulai pukul 17.00 WIB dengan pemaparan posisi hilal Awal Zulhijjah 1441 Hijriah oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Sesi kedua, kata dia sidang Isbat dimulai setelah Magrib dan dipimpin oleh Menag. Sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 84 titik di seluruh Indonesia.

“Sesi ketiga, Menag mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi,” katanya. @fen

Baca Juga :  Partai Demokrat Ajak Masyarakat Awasi 'Begal Politik' di Daerah

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wujudkan Gerakan Bonek Wani Lawan Covid, Sejuta Masker Serentak Dibagikan se-Nusantara

Sel Jul 21 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Terus bergerak melawan Covid-19, Bonek Mania meluncurkan Gerakan Satu Juta Masker se-Nusantara yang terpusat di Kota Surabaya  Minggu (19/7) pagi.   Gerakan melalui tagar #wanimaskeran ini pun direspons oleh berbagai kalangan Bonek di seluruh penjuru nusantara. Seperti Ambon, Balikpapan, dan sejumlah kota-kota lainnya. Rencananya gerakan ini akan terus […]