Kemenag Nilai Umrah Indonesia Saat Pandemi Berjalan Lancar

Editor :
Ilustrasi Kakbah dan kaum muslim tengah beribadah./istimewa/via republika.co.id

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kementerian Agama menilai umrah  yang dijalankan jemaah umrah  Indonesia berjalan lancar. 

Ada tiga kelompok terbang (kloter) jemaah umrah  asal Indonesia yang berangkat di masa pandemi pada 4 November. 

“Secara umum saya melihat alhamdulillah berjalan lancar,” kata Direktur Bina Umrah  dan Haji Khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah  Kementerian Agama, Arfi Hatim, saat webinar dengan tema “Perkembangan Terkini: Umrah  Aman Saat Pandemi” yang digelar Satuan Tugas Penanaganan Covid-19, Rabu (11/11/2020), seperti dilansir ihram.co.id. 

Arfi mengatakan, kesempatan umrah  di luar warga negara Arab Saudi sejak 1 November masih dalam uji coba. Nantinya dari hasil uji coba mengizinkan jemaah asing umrah  di masa pandemi ini akan ada beberapa evaluasi.  

Jadi, kata Arfi, ketika kemudian di lapangan ada beberapa hal dinamika perubahan dari kebijakan yang disampaikan sebelum 1 November itu harus dipahami bahwa ini demi jemaah tidak terpapar Covid. Jadi penting semua pihak patuh terhadap kebijak yang dikeluarkan Arab Saudi.  

“Kita harus memahami ini dalam konteks untuk pencegahan, pengendalian dan perlindungan bagi warga Indonesia melaksanakan ibadah umrah,”  katanya.  

Arfi mengatakan, patuh terhadap protokol kesehatan bukan untuk masyarakat Indonesia yang sedang menjalankan ibadah umrah saja, tetapi demi seluruh warga negara  Indonesia. Karena warga negara yang menjalankan ibadah umrah  tentunya pasti akan kembali lagi ke Indonesia.  

“Termasuk juga seluruh warga negara Indonesia itu sendiri,” katanya.

Sehingga dinamika-dinamika itu, pemerintah Indonesia telah memahami sebagai satu bentuk pencegahan yang perlu diambil demi kesehatan keselamatan, kenyamanan jemaah dalam melaksanakan ibadah umrah sendiri.  

Arfi mengapresiasi Satuan Tugas Penanaganan Covid-19 telah menggelar webinar dengan tema “Perkembangan Terkini: Umrah  Aman Saat Pandemi”. Webinar ini penting untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya memutus mata rantai Covid-19. 

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Satgas yang telah inisiatif menyelenggarakan acara ini, semata-mata untuk sosialisasi dan edukasi, kepada masyarakat khususnya masyarakat yang akan menjalankan ibadah umrah di masa pandemi,” katanya. 

Setelah ditangguhkan selama delapan bulan karena wabah Covid-19 yang melanda dunia, Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengizinkan jemaah luar negeri untuk melaksanakan ibadah umrah mulai 1 November lalu.  

Sesuai amanat Undang-Undang No. 8 Tahun 2019 tentang perlindungan jemaah haji dan umrah, maka Kementerian Agama mengeluarkan Keputusan Menteri Agama No.719 Tahun 2020 sebagai pedoman penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah  di masa pandemi. @fen   

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPR Minta Pelaksanaan Umrah Disiplin Protokol Kesehatan

Kam Nov 12 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyambut gembira perihal dibuka kembalinya ibadah umrah oleh Pemerintah Arab Saudi. Namun, ia meminta para jemaah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. ”Ini merupakan angin segar dengan dibukanya kembali ibadah umrah. Bisa kita simpulkan selama pandemi menjadi bukti kemampuan kita beradaptasi,” […]