Kemenag Terus Bina Jemaah Haji di Masa Pandemi

Editor Kementerian Agama melalui Direktorat Bina haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) terus melakukan pembinaan kepada jemaah haji di masa pandemi saat ini./kemenag.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | PALEMBANG – Kementerian Agama melalui Direktorat Bina haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) terus melakukan pembinaan kepada jemaah haji di masa pandemi saat ini.

Pembinaan tersebut merupakan langkah konkret Kemenag agar pembinaan jemaah haji dalam kondisi pandemi Covid-19 ini tidak terhenti.

Demikian dikatakan Kasubdit Bimbingan Jemaah Arsyad Hidayat saat menjadi narasumber sertifikasi pembimbing manasik haji di Hotel Peninsula, Palembang . Senin (01/11/2021).

“Dalam kondisi seperti ini, Kemenag terus memberikan pelayanan, pembinaan, dan perlindungan kepada jemaah haji,” kata Arsyad, dilansir VISI.NEWS dari laman resmi Kemenag.

Menurut Arsyad, bimbingan manasik di masa pandemi kepada jemaah haji yang tertunda keberangkatannya tidak boleh berhenti sehingga model pembelajarannya pun akan disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Arsyad menyebut ada tiga model pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang akan disiapkan Kemenag antara lain PJJ secara offline, online, dan blended learning (kombinasi keduanya).

Modul pembelajaran pertama adalah PJJ secara offline atau luring (luar jaringan), metode pembelajaran seperti ini kata Arsyad tidak melibatkan internet, tapi bisa melibatkan media massa Lembaga Penyiaran Publik (LPP) seperti RRI dan TVRI lokal, tetapi sebelumnya harus disosialisasikan terlebih dahulu kepada jemaah haji.

Dalam PJJ offline, pembelajaran manasik haji yang dilakukan melalui media televisi, radio, dan alat komunikasinya lainnya (offline) atau pembelajaran yang dilakukan dengan cara membagikan materi manasik dan soal-soal tentang haji kepada para calon Jemaah haji, kemudian mereka diminta untuk membaca dan mempelajarinya di rumahnya masing-masing. Pada hari yang ditentukan hasil pekerjaan rumah jemaah diperiksa oleh para pembimbing manasik.

“Kanwil Kemenag atau Kankemenag bisa bekerja sama dengan RRI atau TVRI. Jadi jemaah haji bisa mengikuti materi manasik lewat televisi atau radio maupun alat peraga,” jelasnya.

Baca Juga :  Surat Jalan Djoko Tjandra Inisiatif Oknum Jenderal Polri

Modul pembelajaran kedua adalah PJJ secara online atau daring (dalam jaringan), Proses pembelajaran yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah, di mana untuk komunikasi dan penyatuannya menggunakan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet. Saat ini untuk Manasik Online yang dipergunakan dalam pembelajaran manasik oleh Kementerian Agama dilakukan melalui platform : Youtube, Twitter, Whatsapp, Telegram, Instagram dan Zoom.

“Kulwap merupakan singkatan dari kuliah whatsapp. Sebuah metode bimbingan Manasik yang menggunakan perangkat digital melalui aplikasi grup whatsapp. Metode kulwap ini banyak digunakan pasca pandemic corona virus, sebagai metode belajar yang di anggap mudah diterapkan dan tidak memerlukan paket data yang besar,” kata Arsyad.

Dan Modul pembelajaran ketiga adalah PJJ secara kombinasi (Blended learning) merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran tatap muka/offline & pembelajaran jarak jauh yang menggunakan sumber belajar online.

Dalam pembelajaran jarak jauh, pembimbing manasik perlu mempersiapkan segala aspek pendukung dan selalu melakukan evaluasi untuk perbaikan lebih lanjut.

“Jangan pernah berhenti untuk berinovasi, karena inovasi dapat memberikan manfaat, memotivasi dan menginspirasi,” tandasnya.
@fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Diterjang Banjir, Beberapa Ruas Jalan di Kota Bandung dan Cimahi Macet Parah

Rab Nov 3 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG RAYA – Kemacetan parah terjadi di beberapa ruas jalan di Kota Bandung dan Cimahi pada Selasa (2/11/2021) malam. Macet terjadi akibat beberapa jalan tidak bisa dilewati akibat terendam banjir. Di Kota Cimahi, banjir di Jalan Amir Mahmud, tepatnya di dekat Flyover Cimindi memicu kemacetan di beberapa […]