Kemenkominfo Targetkan 9 Juta SDM Digital pada 2030

Editor Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo, Hary Budiarto dalam Festival SDM Digital Tahun 2023 di Bandung Convention Center, Kota Bandung, Kamis (14/12/2023). /visi.news/diskominfo
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan 9 juta SDM digital pada 2030. Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo, Hary Budiarto dalam Festival SDM Digital Tahun 2023 di Bandung Convention Center, Kota Bandung, Kamis (14/12/2023).

Menurutnya, salah satu visi digital Indonesia 2045 adalah menghadirkan SDM digital.

“SDM digital adalah orang yang punya literasi dan kompetensi agar kita bisa memandaatkan teknologi digital sehingga memberikan dampak ekonomi,” ujar Hary.

Saat ini, Hary menyebut capaian SDM digital di Indonesia berada di kisaran 2 juta jiwa. Sehingga Kemenkominfo mengejar ketercapaian jumlah 9 juta jiwa tersebut hingga 2030.

Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah antara lain menghadirkan pelatihan yang menunjang percepatan transformasi digital.

Di sisi lain, Kemenkominfo menyebut telah terjadi peningkatan pada hasil pengukuran Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) dengan nilai 43,18 pada tahun 2023 dibandingkan dengan hasil pengukuran pada tahun 2022 yang hanya mencapai 37,80.

Sebagai informasi, IMDI adalah indeks yang ditujukan untuk mengidentifikasi kondisi masyarakat digital di 514 kabupaten dan kota di Indonesia pada empat pilar penyusunnya, yaitu infrastruktur dan ekosistem, keterampilan digital, pemberdayaan, dan pekerjaan, sehingga dapat dijadikan pedoman penentu arah kebijakan, serta program-program pengembangan SDM digital yang komprehensif, dan tepat sasaran, baik oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, maupun pemangku kepentingan lainnya.

Adapun beragam agenda disajikan dalam Festival SDM Digital ini. Antara lain: peluncuran dan sosialisasi IMDI 2023, sosialisasi peta okupasi, penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo dan Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan tentang Integrasi Informasi dan Data Elektronik Ketenagakerjaan Sektor Komunikasi dan Informatika, workshop, job fair, dan perlombaan.

Baca Juga :  Kejari Surabaya Tangkap Buronan Penipuan Investasi Tambang Batubara Rp 8,6 Milyar

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Laporan Udemy Ungkap Tren Seputar Masa Depan Pekerjaan, AI Generatif, dan Pergeseran Menuju Ekonomi Berbasis Keterampilan

Jum Des 15 , 2023
Silahkan bagikan Laporan Global Learning & Skills Trends 2024 menunjukkan pengembangan keterampilan terkait AI di platform Udemy Business meningkat 60% secara year-on-year.  VISI.NEWS | BANDUNG – Udemy, platform pembelajaran online terkemuka, merilis laporan Global Learning & Skills Trends 2024. Laporan ini mengidentifikasi tema-tema utama serta keterampilan paling diminati yang diprediksi […]