Kemenperin : Inovasi dan Kolaborasi Jadi Kunci Pengungkit Daya Saing Industri

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Inovasi dan kolaborasi menjadi kunci dalam upaya meningkatkan kualitas serta daya saing industri di era modern, dengan semakin meningkatnya tuntutan akan industri yang mampu menjawab kebutuhan di era industri 4.0. Hadirnya industri 4.0 semakin mendukung terjadinya kolaborasi yang menjadi syarat utama dalam upaya mengoptimalkan daya saing industri.

Dengan semangat serta kesadaran untuk berkolaborasi, Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Bahan dan Barang Teknik atau dikenal sebagai Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) selaku unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Badan Standardisasi dan Kebijakan dan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian, telah menyelenggarakan acara Tepang Taun B4T (Temu Pelanggan Tahunan B4T) dengan mengusung tema “Peran Penting Jasa Industri Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri”.

Tepang taun B4T diikuti oleh perwakilan 65 pelanggan B4T dari berbagai sektor di antaranya industri elektronika, semen, petrokimia dan pelaku usaha lainnya yang mewakili sekitar 2.000 pelanggan yang telah dilayani B4T sepanjang tahun 2021.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada sambutannya secara virtual mengatakan, B4T telah genap melayani dunia industri selama 113 tahun. “Pelaksanaan agendaTepang Taun, tidak hanya sebagai wadah diskusi pelanggan B4T semata. Tetapi menjadi momentum penting untuk menguatkan sinergi antara B4T dan pelaku dunia industri dalam upaya nyata meningkatkan daya saing industri secara nasional maupun global,” tuturnya, Senin (4/4).

Pelaksanaan temu pelanggan ini diharapkan akan melecut semangat dan komitmen B4T untuk terus mengoptimalkan seluruh layanan jasa industri, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan menjawab tantangan industri nasional. “Pembangunan industri nasional yang berdaya saing menuntut sinergi dan kolaborasi yang kuat diantara kita sekalian para pemangku kepentingan,” ungkap Menperin.

Baca Juga :  Pemkab Bandung Suntik Modal Rp. 20 Miliar untuk Perluas Layanan Air Minum di Lima Kecamatan

Pada kesempatan yang sama, Kepala BSKJI Kemenperin Doddy Rahadi menyampaikan, Tepung Taun B4T merupakan momentum untuk terus meningkatkan pelayanan jasa industri yang selama ini telah dilaksanakan serta memperkenalkan layanan-layanan baru yang yang siap untuk meningkatkan daya saing industri nasional.

“Ke depannya diharapkan seluruh layanan jasa industri yang dilaksanakan seluruh UPT di lingkungan BSKJI dapat terus bertransformasi secara dinamis sehingga dapat menjawab tantangan global untuk meningkatkan daya saing industri nasional,” ungkapnya.

Saat ini, B4T memiliki tujuh layanan baru, antara lain perhitungan Inspection Reability, Remaining Life Time Assesment for Boiler, Pengujian Radio Frequency dan EMC (Electro Magnetic Compatibility pada produk elektronika, Underwater Welding and Inspection, Pengujian Lampu Luminer, Penyedia Bahan Acuan Pengujian, dan Sertifikai ISO 27001 Office.

“Layanan untuk industri terus dikembangkan untuk menjawab kebutuhan indutri nasional, seperti pada layanan pelatihan pengelasan dalam air atau Underwater Welding guna memenuhi kebutuhan akan tenaga pengelasan yang andal, terampil, dan tersertifikasi dengan pengakuan internasional sesuai dengan tuntutan pasar tenaga pengelasan global,” papar Doddy. Pengembangan lingkup ini pun menambah kualifikasi B4T sebagai Authorized Training Body (ATB-B4T) yang terakreditasi secara internasional dalam sertifikasi tenaga pengelasannya.

Kepala B4T Wibowo Dwi Hartoto mengemukakan, pihaknya secara nyata telah berkontribusi dan memberikan pelayanan kepada pelanggan industri sejak tahun 1909. Di usia yang telah menginjak 113 tahun, B4T terus bergerak dinamis, berkembang dan secara berkelanjutan memperluas lingkup layanannya seiring dengan perkembangan industri, teknologi, standar dan harapan dari pelanggan.

“Di tengah tantangan daya saing pada era globalisasi saat ini, B4T sebagai salah satu satker BLU memiliki komitmen memberikan layanan dengan semangat SPEED (Sinergi, Profesional, Efektif, Efisien, dan Digitalisasi). Dengan begitu, B4T diharapkan dapat bergerak cepat dalam beradaptasi, bertransformasi, berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atau industri yang sangat dinamis,” ujar Wibowo. @alfa

Baca Juga :  Madura Food Festifal, Walikota Eri : Kalau Main ke Nikahan Saudara Madura Masakannya Enak-Enak

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Garut Minta Maaf atas Ketidaknyamanan Warga karena Jalan Rusak

Sel Apr 5 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | GARUT – Bupati Garut Rudy Gunawan didampingi Asisten Daerah (Asda) 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Toni Tisna Somantri, meninjau pembangunan dan perbaikan ruas jalan yang ada di Kabupaten Garut, salah satunya mengecek ruas jalan yang ada di daerah Kecamatan Leles dan Kadungora, Senin (4/4/2022). Rudy mengungkapkan, […]